Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tepung Terigu Pada UMKM Pangan di Kota Bekasi

Levyda Levyda* -  Universitas Sahid, Indonesia
Muhammad Faizal Akbar -  Universitas Sahid, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v5i2.5355

UMKM pangan merupakan konsumen tepung terigu terbesar di Indonesia. Meskipun pasar terbesar, namun kajian perilaku UMKM dalam pembelian tepung terigu masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilaksanakan di kota Bekasi. Dengan menggunakan purposive sampling, diperoleh 110 UMKM dari 12 kecamatan di kota Bekasi yang bersedia menjadi sampel. Kualitas, harga dan keputusan pembelian diukur dengan skala Likert skala 1 sampai 5. Data diolah dengan SPSS versi 26, dan dianalisis dengan uji t, uji f dan regresi berganda. Secara parsial kualitas dan harga terbukti berpengaruh pada keputusan pembelian. Pengaruh harga pada keputusan pembelian lebih besar dibandingkan pengaruh kualitas. Kontribusi penelitian ini adalah pengukuran kualitas, harga dan keputusan pembelian tepunterigu yang telah tervalidasi dan reliable. Melalui edukasi konsumen, produsen dapat meningkatkan persepsi konsumen pada kualitas produk terutama yang terkait dengan ketahaanan produk dan hasil olahan tepung. Kenaikan harga tepung tidak dapat dihindari karena bahan baku tepung harus impor, untuk mempertahankan harga produsen sebaiknya fokus pada pengendalian biaya.Untuk meningkatkan kewajaran harga, promosi sebaiknya menekankan perbandingan harga dengan manfaat dan kualitas tepung. Pada penelitian ini, keputusan pembelian diukur dengan atribut kualitas, reputasi produk dan brand, penelitian kedepan, keputusan pembelian juga diukur dengan harga, distribusi dan promosi.

Supplement Files

  1. Arief, M., Nurdin, F., & Kristiani, A. R. (2022). Proses Produksi Roti Chikin Pada Badan Usaha Roti Chikin Kota Sukabumi.
  2. Bintari, W. P., Cahya, A. D., & Wulandari, N. (2021). Analysis of Marketing Strategy in an Effort To Attract Consumer Buying Interest on Msme Peyek Sari Menir Gunung Kidul. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 9(2), 166–174. https://doi.org/10.33884/jimupb.v9i2.3720
  3. Felicia, I., Sitompul, C., & Kus Ariningsih, P. (2021). Penentuan Sistem Pengadaan Bahan Baku Utama Berbasis Kontrak pada Perusahaan Roti dan Kue-Kue ANDALAS. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 10(1), 35–44. https://doi.org/10.26593/jrsi.v10i1.4210.35-44
  4. Francois, N. G. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Two Good Bakery. Jurnal Mitra Manajemen, 4(11), 1558–1572. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69
  5. Gisslen, W. (2013). Professional Baking. In John Wiley & Sons (Sixth Edit). John Wukey & Sons. file:///C:/Users/qeers/Downloads/DIPLOMA UITM PENANG/HTP162/A Professional baking.pdf
  6. Hasanah, U. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Ken ’ S Bakery Di Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Ken ’ S Bakery Di.
  7. Hoyer, R., & Hoyer, B. B. . (2001). What Is Quality?Learn how each of eight well-known gurus answers this question. Quality Progress, 34(7), 52–62.
  8. Insani, F., Barus, B., & Lubis, D. P. (2021). Zona Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pengolah Makanan di Kota Bekasi. Journal of Regional and Rural Development Planning, 5(1), 61–76. https://doi.org/10.29244/jp2wd.2021.5.1.61-76
  9. KEMENDAG. (2017). Profil Komoditas Tepung Terigu.
  10. Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.
  11. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556
  12. Monica, A., & Bahrun, K. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kue bay tat chanaya di kota bengkulu. Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(2), 174–182.
  13. Orlando, J., & Harjati, L. (2022). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN AA RAFFI FRIED CHICKEN SINDANGBARANG BOGOR. Journal of Accounting & Management Innovation, 6(1), 49–66.
  14. Pusat Pengajian Perdagangan Dalam Negeri. (2022). Analisis Perkembangan Harga Bahan Pangan Pokok Di Pasar Domestik Dan Internasional.
  15. Rahma, A. N., & Pradhanawati, A. (2018). Strategi Bersaing Produk Ukm Lunpia dengan Menggunakan Analisis Five Forces Porter dan SWOT (Kasus pada UKM Lunpia Kings Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(2), 171–185.
  16. Rahmawaty, P. (2014). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–89. https://doi.org/10.21831/jim.v11i2.11768
  17. Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior 12th Edition. In Pearson (Twelfth Ed, Vol. 53, Issue 9). Pearson Education, Inc.
  18. Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382
  19. Wardhana, D. A. K., & Prastawa, H. (2017). Analisis Pemilihan Supplier dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: UMKM Diana Bakery). E-Journal Undip, 18(1), 39–46.
  20. Yuwono, S. S., & Waziiroh, E. (2019). Teknologi Pengolahan Tepung Terigu dan Olahannya di Industri. Universitas Brawijaya Press.

Full Text: Supp. File(s):
Pengaruh Kualitas Dan Harga Tepung Terigu Bogasari Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Pangan di Kota Bekasi
Subject Kualitas produk, Harga, Keputusan pembelian,Tepung , UMKM Pangan
Type Research Results
  Download (124KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2022-06-20
Published: 2022-12-31
Section: Articles
Article Statistics: