Analisis Komitmen, Orientasi Belajar, Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kerja Cerdas Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Bank Jateng Cabang Semarang)

Edy Suryawardhana* -  Universitas Semarang, Indonesia
Guruh Mulia Widayat -  Universitas Semarang, Indonesia
Teguh Ariefiantoro -  Universitas Semarang, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v5i1.5200

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan pengaruh dari komitmen, motivasi terhadap kinerja karyawan dengan kerja cerdas sebagai variable intervening di PT.Bank Jateng Cabang Semarang. Model penelitian ini bertujuan menguji hubungan komitmen dengan kerja cerdas, hubungan motivasi dengan kerja cerdas, hubungan kerja cerdas dengan kinerja sumber daya manusia, hubungan komitmen dengan kinerja sumber daya manusia, hubungan motivasi dengan kinerja sumber daya manusia. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan yang bekerja di lingkup PT.Bank Jateng Cabang Semarang yang berjumlah 55 responden. Metode pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (daftar pertanyaan) yang diberikan kepada responden. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan confirmatory factor analysis untuk menguji validitas item pertanyaan, dan rumus Cronbach’s Alpha untuk menguji reliabilitas instrumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan software SPSS, yang digunakan untuk menguji 5 (lima) hipotesis yang telah dikembangkan.

Kata kunci : komitmen, orientasi belajar, kinerja karyawan, kerja cerdas
  1. Byars, N. E. (1984). Two adjuvant-active muramyl dipeptide analogs induce differential production of lymphocyte-activating factor and a factor causing distress in guinea pigs. Infection and Immunity, 44(2), 344–350. https://doi.org/10.1128/iai.44.2.344-350.1984
  2. Feldman, J. M., & Lynch, J. G. (1988). Self-Generated Validity and Other Effects of Measurement on Belief, Attitude, Intention, and Behavior. Journal of Applied Psychology, 73(3), 421–435. https://doi.org/10.1037/0021-9010.73.3.421
  3. Kumar, N., Stern, L. W., & Achrol, R. S. (1992). Assessing Reseller Performance from the Perspective of the Supplier. Journal of Marketing Research, 29(2), 238. https://doi.org/10.2307/3172573
  4. Leong, S. M., Randall, D. M., & Cote, J. A. (1994). Exploring the organizational commitment- Performance linkage in marketing: A study of life insurance salespeople. Journal of Business Research, 29(1), 57–63. https://doi.org/10.1016/0148-2963(94)90027-2
  5. morrison1997.pdf. (n.d.).
  6. Resnick, M., Silverman, B., Kafai, Y., Maloney, J., Monroy-Hernández, A., Rusk, N., Eastmond, E., Brennan, K., Millner, A., Rosenbaum, E., & Silver, J. (2009). Scratch: Programming for Everyone Mitchel. Communications of the ACM, 52(11), 60.
  7. Seymour, I. J., Burfoot, D., Smith, R. L., Cox, L. A., & Lockwood, A. (2002). Ultrasound decontamination of minimally processed fruits and vegetables. International Journal of Food Science and Technology, 37(5), 547–557. https://doi.org/10.1046/j.1365-2621.2002.00613.x
  8. Steers, R. M., Meyer, A. D., & Sanchez-Runde, C. J. (2008). National culture and the adoption of new technologies. Journal of World Business, 43(3), 255–260. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2008.03.007
  9. Sujan, H., Weitz, B. A., & Kumar, N. (1994). American Marketing Association Learning Orientation, Working Smart, and Effective Selling. Source: Journal of Marketing, 58(3), 39–52.
  10. Weitz, D. A., & Lin, M. Y. (1986). Dynamic Scaling of Cluster-Mass Distributions in Kinetic Colloid Aggregation. Physical Review Letters, 57(16), 2037–2040. https://doi.org/10.1103/PhysRevLett.57.2037
  11. Widodo. (2009). Upaya Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Komitmen Dan Oreintasi Belajar. Media Ekonomi, Vol 9, No 1 (2009). http://jurnal.ump.ac.id/index.php/EKONOMI/article/view/275
  12. Referensi tambahan
  13. Morrison, E.W. and Robinson, S.L. (1997) When Employees Feel Betrayed: A Model of How Psychological Contract Violation Develops. Academy of Management: The Academy of Management Review, 22, 226-256

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-05-27
Published: 2022-07-24
Section: Articles
Article Statistics: