Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan Perbankan, Pengetahuan Produk Perbankan, Pengetahuan Pelayanan Perbankan, Dan Pengetahuan Bagi Hasil Terhadap Preferensi Menggunakan Jasa Perbankan Syariah

Niken Nastiti* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Arif Hartono -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Ika Farida Ulfah -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/asset.v1i1.2554

This research was conducted to test the Preference of Using PPTQ Al-Hasan Islamic Banking Services in Ponorogo Regency. The measurements used in this study use the variables Religiosity, Banking Knowledge, Banking Product Knowledge, Banking Service Knowledge, and Profit Sharing Knowledge. The data in this study are primary data with a data collection method using a questionnaire in the form of several structured statement items. The population in this study was students of PPTQ Al-Hasan in 2018 with 251 students. The sampling technique uses Non Probability Sampling: Purposive Sampling: and the number of respondents obtained with the results of 115 student students. Data analysis in this study used multiple linear regression analysis using the SPSS version program. 20. The results of this study indicate that the first hypothesis indicates that religiosity influences the preference for using Islamic banking services. The results of the second hypothesis testing indicate that banking knowledge influences the preferences of using Islamic banking services. The results of the third hypothesis testing indicate that the knowledge of banking products affects the preferences of using Islamic banking services. The fourth hypothesis testing results show that knowledge of banking services affects the preferences of using Islamic banking services. The results of testing the fifth hypothesis indicate that knowledge sharing results on preferences using sharia banking services. Simultaneous test results (F) indicate that religiosity, banking knowledge, banking product knowledge, banking service knowledge, and knowledge sharing results influence the preference for using Islamic banking services
  1. Abidah, Atik. (2013). “Pemahaman Dan Respon Santri Pesantren Terhadap Perbankan Syari’ah Di Ponorogo”. Jurnal. Justitia Islamica, Vol.10/No.1/Jan.-Jun 2013.
  2. Arba’ati, Atina R. (2016). “Pengaruh Religiusitas, Motivasi Dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Menggunakan Produk Bank Syariah”. Skripsi. IAIN Salatiga.
  3. Arifin, dan Khotimah. (2014). “Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Memilih Bank Syariah Di Surakarta”. Jurnal Accounting FEB-UMS, ISBN: 978-602-70429-2-6, 25 Juni 2014.
  4. Arifin, M.Zaenal. (2016). “Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas Dan Product Knowledge Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Di Perbankan Syariah”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
  5. Diana, Susanti Mei. (2017). “Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di BMT Bina Umat Sejahtera Kalijambe”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
  6. Emmang, Gusmail. (2016). “Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kurangnya Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Allaudin Makasar.
  7. Fatmawati, Desy. (2015). “Pengaruh Pendapatan, Religiusitas, Dan Informasi Terhadap Intensi Menabung Di Bank Syariah Pada Kalangan Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Wahid Hasyim Di Sleman”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
  8. Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariatif Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
  9. Istiqomah, Rahayu. (2015). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Perbankan Syariah STAIN Salatiga Nasabah Di Perbankan Syariah”. Skripsi. STAIN SALATIGA.
  10. Melani, Agustina. (2018). “Keuangan Syariah Berpotensi Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru”. http://m.liputan6.com (Diakses Pada 21 September 2018).
  11. Mu’in, Abdul. (2016). “Studi Analisis Religiusitas Mahasiswa FE UNY Yang Menabung Di Bank Syariah”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
  12. Muhyidin. (2017). “Pengaruh Citra Perusahaan, Pengetahuan Produk Bank, Kepercayaan, Dan Pelayanan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating” (Studi Kasus Mahasiswa Faklutas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Salatiga.Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. IAIN Salatiga.
  13. Nisa, Khoirun. (2018). “Analisis Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Religiusitas Mahasiswa Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah”. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
  14. Nurlaeli, Ida. (2017). “Pengaruh Faktor Budaya, Psikologi, Pelayanan, Promosi, Dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih BPRS Di Banyumas”. Jurnal. Volume XVIII, No. 2, Juni 2017 : 75-106.
  15. Oktaviani, Milatunnikmah Finisia R. (2016). “Analisis Atas Pemahaman, Produk, Dan Tingkat Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Salatiga (Studi Kasus Institut Agama Islam Negeri Salatiga)”.Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. IAIN Salatiga.
  16. Purwanto, Aris. (2016). “Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Boyolali”. Skripsi. IAIN Salatiga.
  17. Undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan. Sekretariat Negara. Jakarta.
  18. Rofiah, dan Wahyuni. (2017). “Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang”. Jurnal. EKSIS, Vol 12, No.1 April 2017, ISSN: 1907-7513.
  19. Santoso, Slamet. (2015). “Penelitian Kuantitatif: Metode dan Langkah Pengolahan Data”. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.
  20. Sekaran, Uma. (2006). “Metode Penelitian Untuk Bisnis”. Jakarta: Salemba Empat.
  21. Siswanti, Indra. (2015). “Pengaruh Pengetahuan, Agama, Iklan/Informasi, Dan Pengalaman Mahasiswa PAI STAIN SALATIGA Tentang Sistem Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah”. Skripsi. STAIN Salatiga.
  22. Vebitia, dan Bustamam. (2017). “Analisis Preferensi Masyarakat Terhadap Prinsip Bagi Hasil Pada Bank Syariah Di Wilayah Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA) Vol.2, No.1.
  23. Wahab, Wirdayani. (2016). “Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah”. Jurnal. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) Volume 1, Nomor 2. Juli – Desember 2016.
  24. Wahyuni, Sri. (2017). “Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah”. Jurnal. At-Tawassuth, Vol.II, No.2, 2017: 437-459.
  25. Yogiarto, Atanasisus.H.P. (2015). “Pengaruh Bagi Hasil, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah”. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
  26. Yuliawan, Eko. (2011). “Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung”. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Volume 1, Nomor 01, April 2011.
  27. Zain, Abdurrahman. (2017). “Pengaruh Pengetahuan Santri Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah ( Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami )”.Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-04-06
Published: 2020-04-06
Section: Articles
Article Statistics: