PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24269/silogisme.v10i1.12585Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XII pada materi peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 18 siswa kelas XII. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil dari kegiatan penelitian ini adalah dengan mengimplementasikan model PBL mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, yang ditunjukkan adanya perubahan di siklus I dan siklus II. Selain itu, guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing siswa untuk menemukan solusi melalui proses berpikir kritis dan reflektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi peluang, karena mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

.jpg)



