ANALISIS ALGORITMA PENCARIAN SOLUSI PADA PERMAINAN RUBIK DAN APLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.24269/silogisme.v9i2.9980Abstract
Penelitian ini menganalisis algoritma pencarian solusi pada permainan Rubik dan aplikasinya dalam pembelajaran matematika. Rubik’s cube, yang diciptakan oleh Ernő Rubik pada tahun 1974, merupakan teka-teki mekanis populer yang menawarkan tantangan dalam pemecahan masalah melalui kombinasi yang sangat kompleks. Dengan sekitar 88 Juta kemungkinan kombinasi, penyelesaian permainan ini memerlukan pemahaman mendalam tentang algoritma pencarian solusi yang efisien. Penelitian ini berfokus pada analisis berbagai algoritma pencarian solusi Rubik’s cube dan mengeksplorasi aplikasinya dalam pembelajaran matematika, khususnya pada konsep permutasi. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Nasional Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi dengan tiga subjek penelitian yang memiliki tingkat pemahaman dan keterampilan yang berbeda dalam menyelesaikan Rubik’s cube. Menggunakan metode Analisis Deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran algoritma pencarian solusi pada Rubik’s cube dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika seperti pemrograman dinamis dan strategi pencarian. Selain itu, penggunaan Rubik’s cube sebagai alat bantu pembelajaran interaktif membantu siswa mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, berpikir logis, dan analisis kritis. Metode ini juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, Siswa merasa terlibat dalam proses pembelajaran dikarenakan siswa dapat melihat langsung hubungan matematika dengan Rubik. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dan praktis yang signifikan terhadap pendidikan matematika. Dari segi teoritis, penelitian ini memperkaya literatur tentang penggunaan permainan dan algoritma dalam pendidikan. Secara praktis, penelitian ini menawarkan metode pembelajaran alternatif yang kreatif dan efektif, yang dapat diimplementasikan dalam kurikulum pendidikan matematika. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup peningkatan variasi algoritma yang diajarkan dan integrasi kompetisi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
References
Babbie, R. (2016). The Practice of Social Research. Cengage Learning. https://books.google.co.id/books?id=ZsWFCwAAQBAJ
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=4uB76IC_pOQC
Flick, U. (2022). An introduction to qualitative research.
Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2006). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill. https://books.google.co.id/books?id=LbhaAAAAYAAJ
Garcia, G. A., & Ramirez, J. J. (2021). Proposing a methodological borderland: Combining Chicana feminist theory with transformative mixed methods research. Journal of Mixed Methods Research, 15(2), 240–260.
Jones, I. (2022). Research methods for sports studies. Routledge.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ
Pekonen, O. (2021). Cubed: The Puzzle of Us All by Ernő Rubik: WEIDENFELD & NICOLSON, 2020, 194 PP.,£ 14.99, ISBN-13: 9781474613132. The Mathematical Intelligencer, 43, 148–149.
Rose, J., & Johnson, C. W. (2020). Contextualizing reliability and validity in qualitative research: Toward more rigorous and trustworthy qualitative social science in leisure research. Journal of Leisure Research, 51(4), 432–451.
Sayoga, V. D., & Herdiansyah, R. (2024). Implementasi Algoritma Bee Colony Optimization Dalam Mencari Langkah Solusi Tercepat Pada Puzzle Rubik’s cube. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer Dan Pendidikan, 2(2), 380–385.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2010). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons. https://books.google.co.id/books?id=a__YI3TJQuAC
Silverman, D. (2010). Doing Qualitative Research. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=es_oEVZew6YC
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Trochim, W., & Donnelly, J. P. (2006). The Research Methods Knowledge Base. Cengage Learning. https://books.google.co.id/books?id=097mAAAACAAJ
Yin, R. K. (2017). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=6DwmDwAAQBAJ
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.