PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI KELAS XI SMK

Authors

  • Alfina Ainaya Malihah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Sumargiyani - Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24269/silogisme.v8i1.5472

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan video pada materi fungsi komposisi dengan menggunakan aplikasi Canva serta memperoleh video pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian berupa penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model ADDIE mencakup Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek uji coba pada penelitian ini peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebanyak 27 orang. Hasil penelitian penilaian dari ahli materi dinyatakan valid dengan persentase 86,66% yang termasuk kategori sangat baik, hasil penilaian dari ahli media dinyatakan valid dengan persentase 88,66% dengan kategori sangat baik. Untuk hasil dari respon peserta didik pada uji coba kelas kecil persentase 92,26% termasuk kategori sangat praktis dan pada uji coba kelas besar dengan persentase 85,43% termasuk kategori sangat praktis sehingga video pembelajaran dinyatakan praktis. Hasil pretest sebelum menggunakan video pembelajaran dengan rata-rata 34,26 dan setelah menggunakan video hasil posttest dengan rata-rata 75,37 mengalami peningkatan hasil belajar sehingga video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif. Dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa video pembelajaran pada materi fungsi komposisi ini valid, praktis dan efektif untuk proses pembelajaran

References

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. 2(1).

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Irkhamni, I., Izza, A. Z., & Salsabila, W. T. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 127–134.

Khatimah, K., Rahmawati, Y., & Halim, A. (2021). Familiarity of Online Learning Platform in Catching Up the Academic Accomplishment in East Kalimantan Sport School. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4777–4785. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1290

Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2149–2158. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857

Kolins, A. Y., Wahyuningsih, W., Safrudin, N., & Rusdin, M. E. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2), 86. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.7866

Ma’arif, A. S., Agustina, J., & Hetilaniar. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Kreatif Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA N I BELITANG III. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 179–185.

Rahmatullah, Inanna, & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rahmayanti, A., Basir, M. A., & Wijayanti, D. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Fungsi Komposisi Sebagai Alternatif Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 3(2), 57–64. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp57-64

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Kajian Ilmiah, 20(1), 1–3.

Sidabutar, N. A. L., & Reflina, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMA dengan Aplikasi Animaker pada Materi Vektor. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1374–1386. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1362

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia, 15(1), 128–144.

Utami, N., Khairuddin, K., & Mahrus, M. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Penggunaan Media Video dengan Media Powerpoint Melalui Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 96–101. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.120

Published

2023-06-08

Issue

Section

Artikel