Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Rambu-Rambu Lalu Lintas Berbasis Android

Muhammad Ali Syakur, Devie Rosa Anamisa

Abstract


Optimalisasi kualitas sekolah tergantung pada pemahaman untuk proses belajar mengajar di dalam kelas maupun di luar kelas. sekolah berkualitas menunjukkan kapasitas kemampuan siswa dalam mengotpimalkan program tertentu seperti dalam pembelajaran berlalu lintas. Pelajaran ini difokuskan pada pengamatan mengajar berupa pengenalan kesadaran berlalu lintas. Proses belajar dengan menggunakan pendekatan kualitatif,seperti grounded theory berbasis android belum pernah diperkenalkan pada siswa-siswi sekolah dasar (SD). Pendekatan ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan perangkat pembelajaran menjadi solusi baru dalam perkembangan dunia pendidikan sebagai pembelajaran interaktif. Selain itu, penanaman kesadaran berlalu lintas sebaiknya dilakukan sejak dini. Masa anak-anak merupakan fase awal dalam kehidupan manusia untuk memulai sosialisasi eksternal di luar lingkungan keluarga intinya dan pada fase ini anak-anak cenderung lebih mudah untuk menyerap nilai-nilai termasuk pengetahuan berlalu lintas karena pada nantinya akan selalu berinteraksi dengan sistem lalu lintas dan jalan raya dalam menjalankan aktivitasnya. Dengan keterbatasan-keterbatasan tersebut maka khususnya siswa-siswi Kelas II SD sangat membutuhkan metode pembelajaran ini untuk mengenalkan rambu-rambu lalu lintas, khususnya rambu peringatan, larangan, perintah dan petunjuk berbasis android sebagai pembelajaran interaktif, dengan harapan agar dapat memotivasi siswa-siswi dalam membantu belajar memahami dan mengerti konsep-konsep rambu rambu lalu lintas tanpa harus membawa buku dan pengajaran menjadi lebih menarik sehingga dapat memotivasi belajar siswa-siswi SD baik di sekolah maupun diluar sekolah. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu sekolah menjadi SD yang berkualitas dengan menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas sadar akan hukum berlalu lintas.


Keywords


Metode Grounded Theory, Pembelajaran Interaktif, Rambu-Rambu Lalu Lintas, Sekolah Dasar, Android

Full Text:

PDF

References


Alisa, Marthya, 2010. Pembangunan Aplikasi Pembelajaran Panca Indera Untuk Siswa SD Berbasis Multimedia , Skripsi Program Studi Teknik Informatika Atma Jaya, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Binanto, Iwan, 2010. Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya, Yogyakarta : Andi.

Iwayan S. A. Mukti, Arie S. M. Lumenta, Brave A. Sugiarso.2016. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Umur 6 – 9 Tahun Berbasis Android. E-journal Teknik Informatika. volume 7. No. 1. Hal 1-6.

Kusbianto Ferry. 2013.Media Pembelajaran Microsoft Office Excel 2010 Untuk Sekolah Dasar Negeri 03 Macanan. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA.

Ernawati, Bambang Eka Purnama. 2012. Media Pembelajaran Shalat Bagi Anak Berbasis Multimedia, Indonesian Jurnal on Computer Scoence - Speed (IJCSS) 12 Vol 9 No 1. ISSN 1979 – 9330.

Retno, Margono, Bambang Eka Purnama. 2008. Study Of Interaktif Recognition Letter and Number For Children With Computer Multimedia, Indonesian Jurnal on Computer Scoence - Speed (IJCSS) 4 Volume 3 Nomor 1. ISSN 1979 – 9330.

Frengky.2015. Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Gdjah Mada. Vol. 35, No. 2, Hal. 151-163.

Miftahul Arif. 2014. Pengembangan Aplikasi Mobile Pembelajaran MAtematika Untuk Siswa Kelas VI SD Bebasis Android.Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer.

Murtiwiyati dan Glenn Lauren. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Volume 12. Nomor : 2. Hal: 1-10.


Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 22 times

DOI: http://dx.doi.org/10.24269/mtkind.v12i1.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

 

Flag Counter