PREPROCESSING DATA DAN REPRESENTASI ORGANISME ALGORITMA SYMBIOTIC ORGANISMS SEARCH PADA PERMASALAHAN PENJADWALAN PRAKTIKUM PERGURUAN TINGGI

Hendrawan Armanto* -  Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, Indonesia
C. Pickerling -  Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, Indonesia
Eka Rahayu Setyaningsih -  Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/mtkind.v11i1.494

Pada era saat ini, penjadwalan tidak saja diperlukan untuk dunia usaha akan tetapi juga diperlukan pada dunia pendidikan. Banyak sekolah atau perguruan tinggi di Indonesia yang mengalami kesulitan dalam melakukan penjadwalan manual dan membutuhkan solusi dalam melakukan penjadwalan yang cepat dan optimal. Hal tersebut yang menjadi dasar penelitian dengan fokus penjadwalan laboratorium perguruan tinggi. Penjadwalan yang diteliti disini adalah penjadwalan dengan menggunakan algoritma Symbiotic Organisms Search, tetapi untuk penelitian awal ini akan lebih difokuskan kepada preprocessing data serta representasi organisme terhadap kasus penjadwalan praktikum. Hal tersebut dilakukan dikarenakan tanpa adanya data serta representasi yang tepat maka hasil yang diperoleh juga tidak optimal. Setelah melalui beberapa ujicoba diketahui bahwa dengan preprocessing data serta pemilihan representasi yang tidak tepat akan menurunkan hasil dari algoritma symbiotic organisms search hingga 17% bahkan dapat memberikan hasil yang salah dalam melakukan penjadwalan praktikum perguruan tinggi.
Keywords
Laboratorium, Penjadwalan, Perguruan Tinggi, Praktikum, Symbiotic Organisms Search
  1. M.-Y. Cheng and D. Prayogo, “Symbiotic organisms search: a new metaheuristic optimization algorithm,” Computers & Structures, vol. 139, pp. 98–112, 2014.
  2. R. Eki, F. Y. Vincent, S. Budi, and A. P. Redi, “Symbiotic organism search (sos) for solving the capacitated vehicle routing problem.”
  3. S. Talatahari, “Symbiotic organisms search for optimum design of frame and grillage systems,” Asian Journal of Civil Engineering (BHRC), vol. 17, no. 3, pp. 299–313, 2015.
  4. S. Nama, A.Saha, and S. Ghosh, “Improved symbiotic organisms search algorithm for solving unconstrained function optimization,” Decision Science Letters, vol. 5, no. 3, pp. 361–380, 2016.
  5. M.-Y. Cheng, D. Prayogo, and D.-H. Tran, “Optimizing multiple resources leveling in multiple projects using discrete symbiotic organisms search,” Journal of Computing in Civil Engineering, vol. 30, no. 3, p. 04015036, 2015.
  6. H. Armanto, “Persiapan data dan representasi kromosom algoritma genetik pada penjadwalan pendidikan tinggi,” in Inovasi dalam Desain dan Teknologi, 2015, pp. 205–211.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2017-05-30
Published: 2017-09-25
Section: Artikel
Article Statistics: