SISTEM PENGENDALI VALVE TANGKI BAHAN BAKAR PADA KAPAL BERBASIS FIBER MEDIA CONVERTER

Afif Zuhri Arfianto* - 

DOI : 10.24269/mtkind.v14i1.2018

PT. XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang building dan repair kapal. Kapal yang di bangun oleh PT. XYZ di desain dengan modern, nyaman dan tanguh. Sistem emergency tangki bahan bakar pada kapal yang dibangun oleh PT. XYZ sangat sederhana yaitu dengan cara kerjanya, pada saat ada kebakaran di sekitar area tangki bahan bakar, maka ABK kapal bergegas naik ke anjungan untuk menarik tali kawat agar katub tangki bahan bakar tertutup. Dengan kekurangannya sistem emergency tangki bahan bakar yang kurang baik, maka akan dibuatlah sistem pengendali tangki bahan bakar pada kapal secara otomatis menggunakan jaringan kabel optik. Sistem ini dirancang dengan pengontrolan jarak jauh dengan menggunakan komponen-komponen seperti motor servo untuk menarik tali kawat pada valve tangki bahan bakar, mikrokontroller untuk sambungan kontrol motor servo, Sensor api untuk mendeteksi bara api, konverter optik untuk sambungan kabel jaringan dan juga interface web untuk mengontrol sistem. Dari hasil pengujian, sistem ini dapat bekerja dan berfungsi dengan baik. Sensor api dapat membaca bara api dengan jarak minimal 2 cm dan maksimal 7 cm dengan kecepatan transfer data yang sangat cepat adalah 1.01 second. Hasil tersebut didapatkan setelah melakukan uji coba dengan beberapa kondisi.

Keywords
Motor servo, Mikrokontroller, Konverter optik, Interface web, Valve, Sensor api
  1. Hozairi, “Penerapan Sistem Pakar Untuk Pengembangan Strategi Pengamanan Wilayah Perbatasan Laut Indonesia,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., vol. 1, no. Sistem Pakar, pp. 12–17, 2011.
  2. M. N. Al Syahrin, “Kebijakan Poros Maritim Jokowi dan Sinergitas Strategi Ekonomi dan Keamanan Laut Indonesia,” Indones. Perspect., vol. 3, no. 1, p. 1, Sep. 2018.
  3. H. Rahman, A. Satria, B. H. Iskandar, and D. A. Soeboer, “PENENTUAN FAKTOR DOMINAN PENYEBAB KECELAKAAN KAPAL DI KESYAHBANDARAN UTAMA TANJUNG PRIOK,” ALBACORE, vol. 1, no. 3, 2017.
  4. J. I. O. Panggabean, “Analisa Tegangan Pipa & Perpindahan Panas Sistem Thermal Oil pada Tangki-Tangki Bahan Bakar Kapal 17500 LTDW Product Oil Tanker.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.
  5. S. Pramono and R. D. Kurniawan, “SISTIM PIPA KAPAL BERDAYA MESIN 2655 HP.”
  6. H. Indra and R. Mosey, “Pengembangan Purwarupa Node Multi Sensor Pemantau Parameter Cuaca Berbasis Mikrokontroler,” vol. 6, no. 1, pp. 21–25, 2017.
  7. L. Subiyanto, M. B. Rahmat, R. Budiawati, C. R. Handoko, and A. Z. Arfianto, “Sistem Navigasi dan Komunikasi,” Pustaka Tek. Kelistrikan Kapal, vol. 1, no. 1, pp. 1–70, 2019.
  8. C. R. Handoko, A. Z. Arfianto, and M. K. Hasin, “Perangkat Informasi Kecepatan Angin Berbasis Motor DC dan Jaringan Internet of Things,” Semin. MASTER PPNS; Vol 2 No 1 Semin. MASTER 2017, 2017.
  9. T. A. Putra et al., “KOMUNIKASI DATA BLUETOOTH UNTUK PERANGKAT INFORMASI PERSEBARAN IKAN (PORTABLE VIRTUAL ASSISTANT) PADA KAPAL NELAYAN TRADISIONAL,” J. Teknol. Marit., vol. 1, no. 2, pp. 45–52, 2018.
  10. M. B. Rahmat, A. Z. Arfianto, M. Z. A. Tiwana, and S. Virgiani, “SMDS (Simple Maritime Distress and Safety System) Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Keselamatan dan Identifikasi Awal Marabahaya bagi Nelayan Tradisional,” in Seminar MASTER PPNS, 2018, vol. 3, no. 1, pp. 255–258.

Article Info
Submitted: 2019-10-16
Published: 2020-06-22
Section: Artikel
Article Statistics: 93
Citation :