RANCANG BANGUN SITEM E-RADIO SUARA AL-MANAR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Didik Riyanto* -  Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Ghulam Asrofi Buntoro -  Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/mtkind.v13i1.1429

Penelitian ini mengangkat tema rancang bangun sitem radio online di radio Suara Almanar Ponorogo. Sistem yang di bangun berupa radio streaming menggunakan server edcaststandalone dengan metode satu pc desktop sebagai source client server dan sebagai audio streaming. sedangkan sistem user menggunakan aplikasi android dan web desktop. Tujuan dari rancang bangun radio online ini untuk memberikan pelayanan siaran radio Suara Almanar dari sisi digital dimana saat ini radio Suara Almanar mengudara dengan sistem analog pada frekuensi 99,5 Mhz. Lokasi pemancar radio berada di tengah kota kabupaten  Ponorogo,  siaran analog radio Suara Al manar mampu menjangkau 70% wilayah kabupaten Ponorogo sementara 30% siasanya tidak dapat dijangkau menggunakan siaran analog karena dipengarui oleh halangan kondisi geografis dan interferensi radio lainya. Hal ini diperlukan metode siaran digital untuk mengatasi hal tersebut selain itu dengan sistem siaran radio online maka siaran radio Suara Almanar dapat didengarkan dari luar wilayah kabupaten Ponorogo bahkan sampai diluar negeri. Penelitian ini di harapkan mampu memberikan sumbangsih pengembangan keilmuan dibidang sains dan teknologi khususnya dibidang elektro dan informatika dalam sistem telekomunikasi.
Keywords
Sistem E radio , Suara Al manar, Ponorogo
  1. A. Aprilani, “Radio Internet dalam Perspektif Determinisme Teknologi,” J. ASPIKOM, vol. 1, no. 2, p. 159, 2017.
  2. J. Hartley, Communication Cultural dan Media Studies : Konsep Kunci, 1st ed. Yogyakarta: Yogyakarta :Jalasutra,2010, 2010.
  3. H. Thamrin, M. Kusban, and H. Susilo, “Kualitas Layanan Sistem VOIP di Kabupaten Sragen Dibanding Sistem Alternatif dengan Server Trixbox,” no. 1, pp. 45–50, 2013.
  4. F. A. Heliza Rahmania Hatta, Gusfiannur, “Rancang Bangun Radio Streaming Berbasis Android,” Ranc. Bangun Radio Streaming Berbas. Android, vol. 6, pp. 66–81, 2015.
  5. W. S. Sari, L. Mardiana, and S. Suhariyanto, “Inovasi Radio Kampus (Rancang Bangun Radio Udinus Dengan Inovasi Teknologi @Radio),” Techno.Com, vol. 13, no. 2, pp. 125–131, 2014.
  6. B. L. Basyah, H. Hustinawati, and E. Adesita, “Rancang Bangun Aplikasi Radio Online Berbasis Web,” J. Ilm. FIFO, vol. 7, no. 2, p. 167, 2015.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-12-26
Published: 2019-08-04
Section: Artikel
Article Statistics: