APLIKASI PEMBELAJARAN NAHWU SHARAF BERBASIS MOBILE
DOI:
https://doi.org/10.24269/mtkind.v19i1.10560Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu tantangan utama dalam mempelajari bahasa Arab adalah menguasai Nahwu dan Sharaf yang merupakan cabang penting tata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile yang dirancang khusus untuk memudahkan pembelajaran Nahwu dan Sharaf bagi masyarakat umum.
Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, pengujian, dan evaluasi. Fitur utama aplikasi meliputi materi pembelajaran untuk mengukur pemahaman pengguna. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pengingat pembelajaran dan pelacakan kemajuan untuk membantu pengguna dalam proses belajar mandiri.
Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan seseorang dalam Nahwu dan Sharaf. Aplikasi ini juga mendapat respon positif dari pengguna yang merasa bahwa metode pembelajaran yang disajikan lebih menarik dan interaktif dibandingkan metode konvensional. Dengan demikian, diharapkan aplikasi ini dapat menjadi solusi alternatif yang efektif dalam pembelajaran Nahwu dan Sharaf, serta dapat diterapkan secara luas di berbagai lembaga.
References
[2] A. Rifa’i, “Revitalisasi Fungsi Masjid Dalam Kehidupan Masyarakat Modern,†Universum, vol. 10, no. 2, pp. 155–163, 2016, doi: 10.30762/universum.v10i2.256.
[3] A. R. Sudrajat, “Urgensi Ilmu Nahwu dan Sharaf Sebagai Asas Penulisan Karya Ilmiah Bahasa Arab,†Al-lisᾱn Al-‘arabī J. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 1, no. 1, pp. 31–41, 2021, [Online]. Available: https://www.allisan.stai-imamsyafii.ac.id/index.php/pba/article/view/8/3
[4] M. I. Fakhrurrozy, “Nahwu Dan Shorof Perspektif Pembelajar Bahasa Kedua,†Semnasbama Semin. Nas. Bhs. Arab Mhs. V Tahun 2021 HMJ Sastra Arab Fak. Sastra Univ. Negeri Malang, vol. 2, no. 0, pp. 103–112, 2018.
[5] R. Zaenuddin, “Bahasa Arab Kontemporer Pada Santri Pesantren Majlis Tarbiyatul Mubtadi-Ien ( Mtm ) Desa Kempek,†Holistik Vol 13 Nomor 01, Juni 2012/1434 H -99-, vol. 13, pp. 95–120, 2012.
[6] A. Putra and P. Rumondor, “Eksistensi Masjid Di Era Rasulullah,†Tasamuh, vol. 17, no. 1, pp. 245–264, 2019, doi: 10.20414/tasamuh.v17i1.1218.
[7] melinda yunisa, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Aspek Ilmu Nahwu dan Sharaf pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi,†Ad-Dhuha, vol. 03, no. 2, pp. 1–15, 2022, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/19985/13945
[8] A. R. Hakim, “Jurnal al-Maqoyis, vol. 1 No. 1, Jan-Juli 2013 Mempermudah Pembelajaran Ilmu Nahwu pada abad 20 Oleh: Arif Rahman Hakim,†J. Al-Maqoyis, vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2013.
[9] S. Agustin and M. Agustin, “Implementasi Program Takhossus Lpba Di Pondok Pesantren Raudlatul Malikiyah,†IMTIYAZ J. Ilmu Keislam., vol. 8, pp. 82–96, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.staim-probolinggo.ac.id
[10] N. Himawan, G. W. Wicaksono, and I. Nuryasin, “Ekstraksi Fi’il dan Isim Pada Kaidah Nahwu Shorof Berbasis Android,†J. Repos., vol. 2, no. 5, pp. 619–626, 2020, doi: 10.22219/repositor.v2i5.110.
[11] S. Adi Nugraha, I. Fitri Anggarini, and C. Author Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Al-Qolam Malang, “CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education Penerapan Metode ‘At-Tathbiqoh’ (Aplikatif) Shorof dan Nahwu pada Santri Usia Dini di Pondok Pesantren PPQK Al-Hasani,†vol. 6, 2023, [Online]. Available: https://e-journal.my.id/cjpe
[12] Marini, Sri, Asrika, and S. Dewi, “Analisis rancang bangun sistem informasi berbasis mobile 1,†vol. 5, no. 1, pp. 75–83, 2018, [Online]. Available: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1166121&val=5707&title=ANALISIS RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BERBASIS MOBILE%0Ahttps://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/2840/pdf
[13] S. A. Safarina and E. Franzia, “Perancangan Visual Desain Antarmuka Aplikasi ‘Eatplan’ Untuk Pengaturan Makanan Harian,†Pros. Semin. Nas. Cendekiawan, pp. 1–7, 2019, doi: 10.25105/semnas.v0i0.5834.
[14] R. Mayasari, U. S. Karawang, N. Heryana, and U. S. Karawang, Konsep dan Teori Perangkat Lunak, no. February. 2024.
[15] P. Seminar, N. Fakultas, I. Sosial, U. Negeri, and M. Vol, “12.-Ayu,†vol. 3, pp. 726–730, 2019.
[16] D. Mayasari, S. L. Pagiling, and U. Musamus, “Pemecahan Masalah Di Smp Bp-Almunawaroh,†pp. 247–252.
[17] M. Yani Balaka, J. Wiwin Kuswinardi, I. I. Dewa, A. Y. Wilyadewi, B. Efendi, and R. Zulfikhar, “Aplikasi mobile dalam pemasaran digital: analisis literatur tentang pengaruhnya terhadap keuangan dan strategi pemasaran bisnis,†J. Mob. dalam Pemasar. Digit., vol. 7, no. 3, pp. 21979–21988, 2023.
[18] Q. Qoriani Widayati, E. Irman, and S. Nyimas, “Penerapan Aplikasi Berbasis Android untuk Latihan Tenses,†Matrik, vol. 17, no. 3, pp. 185–203, 2015.
[19] W. ((Universitas I. N. S. G. D. Uriawan and H. Hidayat, “Edisi Juni 2017 Volume X No. 2,†J. Istek, vol. X, no. 2, pp. 107–122, 2017.
[20] F. Halawa and A. Saifudin, “Pengujian Fungsionalitas Aplikasi Kasir Berbasis Web dengan Metode Blackbox,†OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sains, vol. 2, no. 06, pp. 1780–1787, 2023, [Online]. Available: https://www.journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/3104
Downloads
Published
Issue
Section
License

MULTITEK is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License




