PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Suwandi Suwandi* -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Rofiul Wahyudi -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI : 10.24269/muaddib.v1i1.1760

This study aims at determining the effect of reciting the Koran to the academic achievements of the students of the Faculty of Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. The research method applied in this study was descriptive quantitative approach. The population is all students of the Faculty of Islam while the sample selection is based on the non-probability sampling method, especially the purposive sampling method, which amounts to 62 out of 70 respondents who are memorizers of the Koran. The instrument used in this study was a questionnaire containing closed questions. The data analysis technique used descriptive statistical analysis with PSPP 1.2. The findings showed that there was a positive and significant influence of memorizing the Koran to the students' academic achievement. The statistical test results showed a significant value of 0.000, which meant a positive and significant effect
Keywords
Keywords: Quran Recitation, Academic Achievement, PSPP 1.2.
  1. Budiningsih, C. Asri. Belajar dan Pembelajaran,(Jakarta: Asdi Mahasatya, 2015)
  2. Chairani Lisya, Subandi, M.A Psikologi Santri Penghafal Alquran Peran Regulasi Diri (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).
  3. Departemen Agama RI, Alquran dan terjemahannya, (Bandung: Diponegoro, 2008).
  4. Faiqoh, Elok. Tesis "Pengaruh Kemampuan Menghafal Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Dan Pembentukan Akhlak mahasiswa DI Ihfadz Universitas Trunoyoyo madura, (Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2017).
  5. Ginanjar, M. Hidaya. Jurnal "Aktivitas Menghafal Al Qur'an Dan Pengaruhnya Terhadap prestasi Akademik Mahasiswa (Studi kasus Pada Mahasiswa Program Beasiswa Di Ma'had Huda Islami, Tamansari Bogor, 2017).
  6. Hamka, Juz Amma Tafsir Al-Azhar, (Jakarta:Gema Insani, 2015).
  7. Luthfi Atabik, Tafsir Tajkiyah Tadabur Ayat-ayat untuk pencerahan dan Penyucian Hati, (Jakarta: Gema Insani, 2009).
  8. Majidatul Ilmia, Skripsi: "Hubungan Antara Hafalan Alquran Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam As-Salam" (Malang: UIN, 2016).
  9. Purwanto, Metode Penelitian Kuantitatif untuk Psikoligi &Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Belajar 2012)
  10. Rofiul Wahyudi dan Ridhoul Wahidi, Sukses Menghafal Al Qur'an Meski Sibuk Kuliah, (Yogyakarta: Semesta Hikmah, cet. 2016).
  11. Rofiul Wahyudi dan Ridhoul Wahidi, Sukses Menghafal Al Qur'an Meski Sibuk Kuliah, (Yogyakarta: Semesta Hikmah, cet. 2019).
  12. Rofiul Wahyudi dan Ridhoul Wahidi, Metode Tahfidh Juz 30 Untuk Mahasiswa, (Yogyakarta: UAD Press, 2019).
  13. Slameto, belajar dan faktor-faktor yang mengpengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2015).
  14. Sugiyono, Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta 2016).
  15. Sumadi Suryabrata. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grasindo Persada.
  16. Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
  17. Shihab, M. Quraish, Tafsir Misbbah Pesan, Kesan dan Keserasian al Qur’an, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).
  18. Sugiyono, Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta 2016).
  19. Waharjani, Ulumul Qur'an, (Yogyakata: UAD Perss, 2015).
  20. Website FAI UAD, diakses dari https://fai.uad.ac.id/sambutan.html, diakses pada tanggal 1April 2019 pukul 13.00

Full Text:
Article Info
Submitted: 2019-06-24
Published: 2020-04-18
Section: Artikel
Article Statistics: