THE ANALYSIS OF SYNTAX ON LANGUAGE ACQUISITION OF THREE YEAR-OLD CHILDREN IN PERUM GRAHA MUKTI REGENCY KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.24269/jin.v3i1.565Abstrak
This study aimed at ascertaining: (1) the length of sentences obtained by three-year-olds, (2) sentence structure of three-year-olds, (3) average length of speech based on Mean Length of Utterance (MLU). This research applied descriptive qualitative method. The data collecting technique used interview, record, and note-taking techiques. Five children aged three years and a drift of a maximum of three months to be the object of this study. Conversations of children with parents and their families were recorded, then they were analyzed to find out the sentences they produce. The sentences produced by children were analyzed to find out the sentence mode of sentence length, sentence structure, and average length of speech based on Mean Length of Utterance (MLU). The results showed that the acquisition of syntax in children aged three years within a maximum of three months in the Graha Mukti Regency showed the average has a MLU 2.327 is at stage V.
Referensi
Abdullah, Yusoff dan Che Rabiah M.. 1995. Teori Pembelajaran Sosial dan Pemerolehan Bahasa Pertama. Jurnal Dewan Bahasa. Mei. 476-484.
Creswell, J.C. (2012). Introduction to Research Methods in Education. Sage Publication: Los Angeles.
Darjowidjojo, Soenjono. 2010. Psikolinguistik (Pengatar Pemahaman Bahasa Manusia Jilid II). Yayasan Obor Indonesia: Jakarta.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2010. Echa (Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia). Grasindo: Jakarta.
Harimurti, Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik Umum. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Khoiruddin Alang, dkk. 2007. Sapu Jagad. Pustaka Ilalang: Lamongan.
Mar’at, Samsunuwiyati. 2011. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). PT Refika Aditama: Bandung.
Mangantar, Simanjuntak. 1982. Pemerolehan Bahasa Melayu (Bahagian Fonologi). Jurnal Dewan Bahasa. Ogos/September/II. 615-625.
Safriandi. Analisis Kesalahan Berbahasa. Tersedia pada: http://www.gemasastrin.wordpress.com. Diakses pada tanggal 22 Mei 2017.
Unduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta Tanpa Batasan
Jurnal ini memungkinkan penulis (penulis tunggal atau tim penulis) untuk mempertahankan hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan. Naskah yang dikirimkan dianggap tidak mengandung materi hak milik yang tidak dilindungi oleh paten atau permohonan paten; tanggung jawab atas konten teknis dan perlindungan materi hak milik sepenuhnya berada pada penulis (penulis tunggal atau tim penulis) dan organisasi mereka, dan bukan tanggung jawab Jurnal INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) atau staf redaksinya. Penulis utama (penulis pertama/penulis korespondensi) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel telah dilihat dan disetujui oleh semua penulis lainnya. Penulis bertanggung jawab untuk memperoleh semua izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengiriman. Apa hak-hak saya sebagai penulis?
|

JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal) diterbitkan di bawah lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.