PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI ERA MODERN SINERGI ORANG TUA DAN GURU DI MTs NEGERI KABUPATEN KLATEN

Sri Hartini* -  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/ajbe.v2i1.882

There is a relation that can not be ignored between the synergy of parents and teachers in character education discipline students. Relationships both occur in two directions, on the one hand, synergy parents and teachers play a role in shaping the behaviour of student discipline character. On the other hand, the view of certain disciplinary characters also becomes the catalyst for the emergence of other distinctive characters of discipline. In the context of character education of discipline students in the modern era, synergy of parents and teachers at Madrasah Tsanawiyah Negeri in Klaten District found an extension of synergy between parents and teachers with the phenomenon of disciplinary character education students who worry. While the factors causing the destruction of the character of students in MTN Negeri Klaten district is influenced by teachers and parents, and the education system imposed in the madrasah.

Supplement Files

Keywords
Character Education, Discipline, Parent and Teacher Synergy
  1. Goleman, Danel. 1995. Emotional Entelligence; Why It Can Matter More Than IQ. New York: Maemillian Publishing Company.
  2. https://www.google.com/search?q=pengertian+orang+tua, diakses 4 September 2016 jam 08.00.
  3. http://www.pendidikankarakter.org/articles004.html, diakses 20 September 2016
  4. http://www. akhmad sudrajat wordpress.com, Disiplin Siswa Di Sekolah, di akses 4 April 2008.
  5. Kuncoro, Mudrajat. 2004. Metode Kuantitatif Unit Penerbit Dan Percetakan. Yogyakarata: AMP YKPN.
  6. Lickona, Thomas. 2012. Character Matters: Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas Dan Kebajikan Penting Lainnya (Terjemahan). Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Maragustam. 2010. Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna, Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Penerbit Nuha Litera.
  8. Mustari, Mohammad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Marzuki, Murdiono, dan Samsuri. Pembinaan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan
  10. Agama dan PKn DI Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama didaerah
  11. Istimewa Yogyakarta : Makalah, tidak diterbitkan.
  12. Mulyasa. 2015. Revolusi Mental Dalam Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
  13. Maragustam. 2016. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta: Penerbit Kurnia Kalam Semesta.
  14. Muchlas, Samani, dan Haryanto. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
  15. Muhadjir, Noeng. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.
  16. Naeem, Abdul. 2005. Abdul Al Quranku Dan Terjemahannya, Published India Same As in Vol 2 Above indian.
  17. Suyanto. Urgensi Pendidikan Karakter, http://mendikdasmenkemendiknas.go.id, 2010, diakses 2 Februari 2012.
  18. Tamalene, Muhammad Nasir. 2012. Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Anak Melalui
  19. Pola Asuh Pada Sekolah Dasar (SD) di Pulau Bisa Kabupaten Halmahera Selatan Propinsi Maluku Utara, tidak diterbitkan.
  20. Yasmaruddin Bardansyah. Pembentukan Karakter: Studi Terhadap Mahasiswa UIN Suska Riau Dalam Membentuk Karakter Islami, Jurnal Al-Fikra, Program Pascasarjana UIN Suska Riau, Volume 8, Nomor 2, Tahun 2009.
  21. Zuhriyah, Heni. 2010. Pendidikan Karakter: Studi Perbandingan Antara Konsep Doni Koesoema dan Ibnu Miskawaih. Tesis Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya.
  22. Subiyantoro. 2010. Pengembangan Pola Pendidikan Nilai Humanis-Religius Pada Diri Siswa Berbasis Kultur Madrasah di MAN Wates I Kulon Progo Yogyakarta. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Full Text: Supp. File(s):
PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI ERA MODERN SINERGI ORANG TUA DAN GURU DI MTs NEGERI KABUPATEN KLATEN
Subject
Type Other
  Download (307KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2018-02-13
Published: 2017-12-01
Section: Articles
Article Statistics: 224 520