RANCANGAN IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PERPUSTAKAAN DI MIM GANDATAPA BANYUMAS

Abdul Aziz* -  MI Muhammadiyah Gandatapa,Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v2i1.981

Gerakan Literasi Sekolah telah diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2015. Gerakan ini ditujukan untuk sekolah agar dapat melaksanakan sesuai tahapannya, yaitu pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Ketiga tahapan Gerakan Literasi Sekolah tersebut dapat dilakukan sekolah melalui program dan fasilitas sekolah agar siswa menjadi literat. Fasilitas yang penting untuk dimiliki sekolah dalam GLS ini diantaranya perpustakaan sekolah. MIM Gandatapa Sumbang sebagai sekolah dasar yang belum memiliki perpustakaan sekolah merasa perlu untuk membuat rancangan perpustakaan sekolah untuk kemajuan literasi siswa-siswanya. Makalah ini memaparkan tentang rancangan perpustakaan sekolah yang meliputi pengembangan koleksi, desain interior perpustakaan, dan klasifikasi koleksi. Pengembangan koleksi dengan tidak selamanya harus membeli, dapat memanfaatkan CSR dari instansi yang menyediakan hibah buku. Desain interior perpustakaan sekolah dasar (MI) dapat disesuaikan dengan kesukaan anak-anak agar tertarik untuk datang ke perpustakaan. Klasifikasi koleksi idealnya menggunakan system klasifikasi yang berlaku internasional agar jika suatu saat berkembang lebih besar sudah lebih siap. Hal ini dirasakan perlu berdasar  gerakan literasi sekolah yang sudah dilaksanakan MIM Gandatapa pada tahap pembiasaan selama ini. 
Keywords
Literasi, Gerakan Literasi Sekolah, Perpustakaan Sekolah
  1. Antasari, Indah Wijaya. 2017a. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan Di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas.” LIBRIA 9 (1).
  2. ———. 2017b. “Support Parents on Building Children’s Literacy.” Edulib 6 (2).
  3. Encyclopedia Americana: International Edition. 1977. Vol. 17. New York: Americana Corporation.
  4. Faizah, Dewi Utami, Susanti Sulyadi, Lanny Anggraini, Waluyo, Sofie Dewayani, Wien Muldian, and Dwi Renya Rosaria. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  5. INDONESIA. 2014. Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan di Provinsi Jawa Tengah.
  6. Musfiroh, Tadkiroatun. 2008. Memilih, Menyusun Dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacan.
  7. Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
  8. Sutarno NS. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: CV. Sagung Seto.
  9. Sutarno NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat Edisi Revisi. Jakarta: CV. Sagung Seto.
  10. Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  11. Ulwan, Abdullah Nashih. 2007. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.
  12. http://www.indonetwork.co.id/andesit_nata_deka/1454629/desain-interior-sd-islam-al-azhar-pusat-r-perpustakaan.htm
  13. Maulipaksi, Desliana. 2015. Mendikbud Luncurkan Gerakan Literasi Sekolah. http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/index-berita-bulanan/2015/berita-bulan-agustus-2015/1297-mendikbud-luncurkan-gerakan-literasi-sekolah (diakses 28 Oktober 2016)

Full Text:
Article Info
Submitted: 2018-05-28
Published: 2018-05-29
Section: Articles
Article Statistics: