TINGKAT LITERASI INFORMASI MAHASISWA STT LUTHERAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v8i2.8224Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat literasi mahasiswa di STT Lutheran Yogyakarta berdasarkan The Seven Pillars. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan populasi mahasiswa aktif di STT Lutheran Yogyakarta sebagai responden sejumlah 26 orang. Metode dalam pengambilan data menggunakan survei, kuensioner, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yang menunjukkann nilai dari setiap subvariabel the seven pillars adalah: pilar 1 mengenali kebutuhan informasi (recognize information need) 3,15; pilar 2 mengetahui sumber relevan (distinguish ways of addressing gap) 3,17; pilar 3 strategi pencarian informasi (contruct strategies for locating) 3,44; pilar 4 menemukan lokasi dan akses (locating and access) 3,09; pilar 5 membandingkan dan mengevaluasi informasi (compare and evaluate) 3,24; pilar 6 mengatur informasi, menerapkan dan mengkomunikasikan (organize, apply, and communicate) 3,47; pilar 7 mensintesis dan menciptakan informasi baru dan menyebarkannya (synthesise and create) 3,10. Dengan keseluruhan rata-rata nilai variabel yaitu 3,24, dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi mahasiswa di STT Lutheran Yogyakarta masuk kategori baik.
References
Antasari, I. W. (2017). Literasi Informasi Pemustaka Di Perpustakaan Iain Purwokerto Berdasarkan Model The Seven Pillars. LOKAKARYA NASIONAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI, 137–150.
Hasnadi. (2019). Membangun Budaya Literasi Informasi pada Perguruan Tinggi. [http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/551/396](http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/semdiunaya/article/view/551/396)
Huda, H., & Rendi, A. W. (2020). Budaya Literasi, Mencerdaskan Anak Negeri. 01. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/jiwakerta/article/view/5011/3101
Kaban, D. M., Sihombing, G. L. A., & Tambunan, A. M. (2022). Strategi Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Stgh-Hkbp Sipoholon. DIKAIOS: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Kristen, 2. [https://dikaios.iakntarutung.ac.id/index.php/dikaios/article/view/11](https://dikaios.iakntarutung.ac.id/index.php/dikaios/article/view/11)
Laksmi. (2023). Metode Penelitian Perpustakaan (2nd ed.). Universitas Terbuka.
Mansyur, U. (2019). GEMPUSTA: Upaya Meningkatkan Minat Baca. https://www.researchgate.net/profile/Umar-Mansyur/publication/337671871_Gempusta_Upaya_Meningkatkan_Minat_Baca/links/5de4824c4585159aa45a0c04/Gempusta-Upaya-Meningkatkan-Minat-Baca.pdf
Sudarsana, U. (2019). Pembinaan Minat Baca (1st ed.). Universitas Terbuka.
Suswandari, M. (2018). Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia. JURNAL DIKDAS BANTARA, 1(1). https://doi.org/10.32585/jdb.v1i1.105
Wulandari, D. R., & Sholeh, M. (2021). EFEKTIVITAS LAYANAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. 09.
Yani, F., & Ritonga, M. K. (2022). Minat Baca dan Minat Berkunjung Mahasiswa ke Perpustakaan. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 354–362. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.43787
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.
_baru.png)






