PERAN KOMUNIKASI INFORMASI DALAM LAYANAN DIGITAL DI PERPUSTAKAAN STIKES MUHAMMADIYAH GOMBONG
DOI:
https://doi.org/10.24269/pls.v5i1.3600Abstract Artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran komunikasi informasi dalam layanan digital di Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong. Saat ini telah banyak kita temukan beragam koleksi digital di sekitar kita. Dengan banyaknya koleksi tersebut, pasti diperlukan cara-cara dalam mensosialisasikan koleksi tersebut. Salah satu caranya adalah melalui komunikasi informasi. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mengkaji secara mendalam terhadap suatu permasalahan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara dan studi literatur. Wawancara dilakukan dengan salah satu pustakawan di Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong. Hasil kajian menunjukkan bahwa komunikasi informasi dalam layanan digital yang telah dilakukan di Perpustakaan STIKES Muhammadiyah Gombong yaitu mengembangkan web secara optimal, pelibatan kegiatan pemustaka secara online, dan interaksi melalui media sosial. Sedangkan peran komunikasi informasi dalam layanan digital tersebut adalah sebagai media promosi perpustakaan khususnya informasi pada koleksi digital, sebagai media penyebarluasan informasi dan edukasi secara online, dan sebagai sarana interaksi antara pemustaka dengan pustakawan dalam pencarian informasi pada layanan digital.
References
Almas, I. (2014). Peran Komunikasi Efektif bagi Pustakawan. https://www.academia.edu/11780444/Komunikasi_informasi?email_work_card=view-paper [diakses 25 November 2020]
Dana, T., Samosir, D. H., & Widiyasa, I. M. (2008). Pengembangan Digital Library Perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta. Seminar Nasional Informatika 2008 (SemnasIF 2008) UPN â€Veteran†Yogyakarta, 24 Mei 2008, 260. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/781/661 [diakses 24 November 2020]
Hasugian, J. (2009). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. USU Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=7AJCTtl_FzgC&oi=fnd&pg=PA1&dq=komunikasi+informasi&ots=TgVqer4p9W&sig=Kxow_lRnWgCXr2bPwTJLBXnnxAQ&redir_esc=y#v=onepage&q=komunikasi informasi&f=false [diakses 26 November 2020]
Jumlah Perpustakaan Indonesia Tertinggi ke-2 Dunia. (2019). Indopos. https://indopos.co.id/read/2019/03/15/168503/jumlah-perpustakaan-indonesia-tertinggi-ke-2-dunia/ [diakses 24 November 2020]
Luthfiyah, F. (2016). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 199. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/676/608 [diakses 28 November 2020]
Reitz, J. M. (2013). Online Dictionary for Library and Information Science (ODLIS). https://products.abc-clio.com/ODLIS/odlis_a.aspx [diakses 24 November 2020]
Sari, S. M. (2006). Implementasi Konsep Geo-Office. Pengaruh Teknologi Informasi Pada Impelentasi Konsep Geo-Office, 4(1), 25. http://dimensiinterior.petra.ac.id/index.php/int/article/view/16531 [diakses 25 November 2020]
Supriyadi, S. (2016). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476 [diakses 24 Novemver 2020]
Supriyanto, W. (2015). Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan Digital. Libraria: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1). https://repository.ugm.ac.id/16541 [diakses 28 November 2020]
Suwanto, S. A. (2013). Layanan Perpustakaan Elektronik dengan Konsep “Library 2.0.†Jurnal FKP2T, 3(1–2), 19–20. http://eprints.undip.ac.id/33929/ [diakses 28 November 2020]
Widayanti, Y. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Digital. Libraria: Jurnal Perpustakaan, 3(1), 125–137. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/view/1579/1448 [diakses 24 November 2020]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Licence
This Journal will place Author as Copyright Holder, The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Plagiarism Notice
PUBLIS Editorial board recognizes that plagiarism is not acceptable and therefore establishes the following policy stating specific actions (penalties) upon identification of plagiarism/similarities in articles submitted for publication in PUBLIS. PUBLIS will use Turnitin's originality checking software as the tool in detecting similarities of texts in article manuscripts and the final version articles ready for publication. A maximum of 30% of similarities is allowed for the submitted papers. Should we find more than 30% of the similarity index, the article will be returned to the author for correction and resubmission.