PENGARUH SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP TINGKAT LITERASI POLITIK SISWA

Rayhan Musa Novian* -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Doddy Rusmono -  Universitas Pendidikan Indonesia

DOI : 10.24269/pls.v5i2.3464

Pengaruh media sosial saat ini  memiliki dampak luas terhadap kehidupan dan media sosial menjadi kebutuhan primer masyarakat tak terkecuali siswa SMA Negeri 3 Batam. Aktivitas penggunaan media sosial dikalangan siswa digunakan untuk mendapatkan hiburan, eksistensi, bahkan informasi seputar politik. Penelitian ini fokus pada pengaruh media sosial pada tingkat literasi politik di kalangan siswa di SMA Negeri 3 Batam. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan metode survei, sampel dalam penelitian sejumlah 66 siswa, analisis data dilakukan dengan deskriptif untuk mengetahui tingkat literasi politik siswa di SMA Negeri 3 Batam,. Tujuan penelitian ini berupaya untuk mengungkap bagaimana pengaruh media sosial terhadap tingkat literasi politik mahasiswa di SMA Negeri 3 Batam sebagai cara untuk memahami realitas literasi politik dikalangan siswa SMA Negeri 3 Batam.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bahwa media sosial dapat mengembangkan literasi politik dengan kategori kesadaran akan pengetahuan akan politik, memahami istilah baru dalam politik dan percaya serta yakin dalam partisipasi politik.

Keywords
Literasi Politik, Media Sosial, Siswa
  1. Bakhtiyar. (2018). Dinamika literasi politik menjelang tahun 2019: Urgensitas memahami perilaku pemilih milenial. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 1, 65–72.
  2. Basuki, S. (2010). Metode Penelitian (2nd ed.). Penaku.
  3. BatamPos. (n.d.). Batam Miliki 3.000 Pemilih Pemula, Ini Upaya KPU Agar Generasi Milenial Ikut Nyoblos saat Pemilu - Tribun Batam. Retrieved December 20, 2020, from https://batam.tribunnews.com/2019/03/12/batam-miliki-3000-pemilih-pemula-ini-upaya-kpu-agar-generasi-milenial-ikut-nyoblos-saat-pemilu
  4. Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia? | Databoks. (n.d.). Retrieved October 15, 2020, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-indonesia
  5. Converse, P. E. (1964). The nature of belief systems in mass publics. Free Press.
  6. Denver, D., & Hands, G. (2013). Notes and Comments Knowledge , Attitudes and Perceptions of School Students. 20(2), 263–279.
  7. Digital in 2018: World’s internet users pass the 4 billion mark - We Are Social. (n.d.). Retrieved October 15, 2020, from https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018
  8. Gabriel, K. M., & Yusuf, A. (2020). EXPERIENCE OF AN ACADEMIC LIBRARY DURING THE COVID-19 PANDEMIC.
  9. Krosnick, J. A. (1990). Expertise and Political Psychology. Social Cognition, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.1521/soco.1990.8.1.1
  10. Lailiyah, N., Yuliyanto, M., & Pradhana, G. A. (2018). Youthizen, Political Literacy, and Social Media. E3S Web of Conferences, 73, 20–23. https://doi.org/10.1051/e3sconf/20187314005
  11. Pirie, M., & Worcester, R. M. (1998). The Millenial Generaion. https://pdfs.semanticscholar.org/fdc0/e7db42f596cf2c7b587c68af24c2613154db.pdf
  12. Pradana, Y. (2017). Peranan media sosial dalam pengembangan melek politik mahasiswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 139–145. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.16102
  13. Ramdhani, H., Aliantika, N. N., Politik, I., Indonesia, U., Kewarganegaraan, P., Pendidikan, F., Pengetahuan, I., & Indonesia, U. P. (2019). Aktualisasi pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya deradikalisasi mahasiswa. 2(1), 357–362.
  14. Ramdhani, H., & Novian, R. M. (2020). Actualization of Political Education in Digital Learning to Prevent Radicalism. 3(2), 98–103.
  15. Rosadi, B., Darmawan, C., & Anggraeni, L. (2020). THE INFLUENCE OF POLITICAL MESSAGE ON SOCIAL MEDIA FOR INCREASING THE POLITICAL LITERACY OF MILLENIAL. Jurnal Civicus, 20(1), 26–30.
  16. Smith, L. N., & McMenemy, D. (2017). Young people’s conceptions of political information: Insights into information experiences and implications for intervention. Journal of Documentation, 73(5), 877–902. https://doi.org/10.1108/JD-03-2017-0041

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-01-11
Published: 2022-01-05
Section: Articles
Article Statistics: