The Preferences of STKIP PGRI Sumenep The Students in Visiting Library of STKIP PGRI Sumenep

Mas'odi Mas'odi

Abstract


Keberadaan perpustakaan STKIP PGRI Sumenep merupakan salah satu fasilitas yang tersedia di lingkungan kampus STKIP PGRI Sumenep. Fasilitas perpustakaan yang ada ini diharapkan dapat membantu dan memberikan kemudahan kepada seluruh civitas akademik di lingkungan kampus STKIP PGRI Sumenep dalam rangka memenuhi kebutuhan literasi dan referensi sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya, baik dalam skala individu atau juga kelompok. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui bidang literasi dan referensi dari keberadana perpustakaannya tentunya dapat meningkatkan juga pengetahuan dan wawasan yang dapat dipertanggungjawabkan, terlebih pada era sekarang yang banyak dihantui oleh pengetahuan dan wawasan dari sumber yang tidak bertanggung jawab, hingga tidak salah banyak berita atau informasi yang bersifat bohong (hoaks).

Tuntutan untuk terus menambah pengetahuan dari buku bacaan yang telah direkomendasikan oleh dosen pengampu mata kuliah juga menjadi pendorong mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan, tentunya hal ini dilakukan untuk terus bisa mengikuti setiap materi perkuliahan yang sesuai dengan mata kuliah yang telah diprogramkan. Rasa ingin tahu dengan berbagai hal atau peristiwa yang sedanga berlangsung membutuhkan analisis yang didasarakan dari konsep atau teori yang tersedia di buku-buku, agar memiliki dasar yang kokoh untuk memberikan argumen yang ilmiah. Proses pencarian referensi dan literasi rasanya masih dianggap kurang oleh beberapa mahasiswa, maka tidak ada salahnya beberapa mahasiswa menambah dengan proses diskusi yang dilakukan di area perpustakaan.

Berbagai sarana dan prasarana perpustakaan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. Peningkatan dan perlengkapan sarana dan prasarana perpustakaan memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada para mahasiswa dan para civitas akademik lain selaku pemustaka perpustakaan STKIP PGRI Sumenep. Pelayanan dan kenyamanan yang ada tentunya diharapkan dapat meningkatkan jumlah pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan STKIP PGRI Sumenep. Peningkatan kunjungan dari para pemustaka bisa memberikan penanda berjalannya proses pengembangan stimulus dalam membangun budaya literasi yang sehat dan ilmiah.

Pilihan mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan merupakan tindakan seseorang yang memiliki tujuan. Suatu tujuan sendiri tidak terlepas dari berbagai nilai atau pilihan yang mempengaruhi atau mendorong suatu tindakan individu untuk mencapai suatu tujuan itu sendiri. Pernyataan ini merupakan asumsi yang mendasarkan dari penggunaan teori pilihan rasional Coleman. Teori pilihan rasional memiliki gagasan dasar bahwa tindakan perserorangan  mengarah kepada sesuatu tujuan dan tujuan itu (dan juga tindakan) ditentukan oleh nilai atau pilihan (preferensi). Coleman juga menambahkan bahwa teori yang dikemukakannya memiliki maksud yang sangat teoritis. Konsep tersebut (preferensi) merupakan mengenai aktor rasional yang berasal dari ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi yang melihat aktor sebagai makhluk ekonomi dan sosial, dimana aktor memilih tindakan yang dapat memaksimalkan kegunaan atau yang memuaskan keinginan dan kebutuhan mereka.


Keywords


preferensi; kunjungan; perpustakaan; PGRI

References


Asep Sudarsyah. KERANGKA ANALISIS DATA FENOMENOLOGI(Contoh Analisis Teks Sebuah Catatan Harian). ISSN 1412-565 X

Coleman, James S. 2012. Dasar-Dasar Teori Sosial. Bandung: Nusa Media.

Heckathorn, Douglas D. 2012. ‘Pilihan Rasional Sosiologis’, dalam George Ritzer & Barry Smart (Ed.). Handbook Teori Sosial. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Ritzer, George & Goodman, Douglas J. 2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Kencana Media.

Ritzer, George & Goodman, Douglas J. 2004. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenada Kencana Media.

Wirawan, I.B. 2013. Teori-Teori Sosial Dalam Tiga Paradigma. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2 times

DOI: http://dx.doi.org/10.24269/pls.v2i2.1448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mas'odi Mas'odi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

    

 

Similiarity checker:

Creative Commons License
Publis Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.