Pengaruh Terapi Social Skills Training (SST) dan Terapi Suportif terhadap Keterampilan Sosialisasi pada Klien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi

isti harkomah

Abstract


Skizofrenia merupakan gangguan mental yang ditandai dengan gangguan pemikiran yang mendalam, mempengaruhi bahasa, persepsi, dan rasa diri. Klien Isolasi sosial memiliki jaringan social yang kecil, sehingga klien membutuhkan support system yang mendukung terbentuknya jarningan social yang kondusif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi Social Skills Training (SST) dan Terapi Suportif terhadap Keterampilan Sosialisasi pada Klien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jambi. Desain penelitian menggunakan quasi experimental pre-post with control group. Sampel dalam penelitian ini dilakukan terhadap 76 responden yaitu 38 orang kelompok intervensi dan 38 orang kelompok kontrol yang memenuhi kriteria inklusi.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan tidak bermakna setelah dilakukan terapi SST dan terapi suportif (p>0.05) Peningkatan kemampuan sosialisasi lebih tinggi  pada kelompok yang mendapat terapi SST dan suportif dibandingkan kelompok yang tidak mendapatkan terapi. Disarankan perawat spesialis jiwa dan psikiater hendaknya melakukan kolaborasi pelaksanaan SST dan Terapi Suportif pada klien skizofrenia.

 


Keywords


SST, Terapi Supportif Keterampilan sosialisasi Skizofrenia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S . (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi 9. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, S.(2013). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Berhimpong, E., Rompas, S., Karundeng, M., (2016). Pengaruh Latihan Keterampilan Sosialisasi Terhadap Kemampuan Berinteraksi Klien Isolasi Sosial di RSJ Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang manado. E-Journal Keperawatan (EKP) Volome 4 Nomor 1-7, Februari 2016. Tanggal akses 25 Maret 2017.

Budiarto (2016) Perbedaan Keterampilan Sosial Siswa Aktif Dan Pasif Organisasi Kesiswaan Di SMP Negeri 2 Binangun. E-Journal Bimbingan Dan Konseling Edisi 11 Tahun ke 5 2016. Tanggal akses 8 April 2017.

Carson, V.B. (2000). Mental Health Nursing: The nurse-patient journey. (2th ed.). Philadelphia: W.B. Sauders Company.

Chien, W.T., Chan, S.W.C., dan Thompson, D.R. 2006. Effects of a mutual support group for families of chinese people with schizophrenia: 18-Months follow-up. http://bjp.rcpsych.org, diperoleh tanggal 11 Agustus 2017.

Dahlan., S. (2010). Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan. Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat Dilengkapi Aplikasi dengan Menggunakan SPSS. Salemba Medika.

Dahlan., S. (2011). Besar Sampel Dan Cara Prngambilan Sampel Dalam Penelitian Kedokteran Dan Kesehatan. Salemba Medika.

Dharma, K. K. (2011) Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan hasil penelitian. (Ed. 11,13). Jakarta: Buku Kesehatan.

Direja, H.A,. (2011). Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha. Medika.

Erik G dkk (2005) A Randomized, Controlled Trial of Cognitive Behavioral Social Skills Training for Middle-Aged and Older Outpatients With Chronic Schizophrenia. The American Journal Of Psychiatry, 162 (3), 520-529. https://doi.org/10.1176/appi.ajp.162.3.520. Tanggal akses 31 Oktober 2017.

Fontaine, K. L. (2009). Mental Health Nursing (6 th Editi).

Fortinash, K.M., & Holoday- Worret, P.A. (2004). Psychiatric Ursing Care Plans. 3rd. Ed. St. Louis, Missouri: Mosby. Inc

Goodman & Gilman's (2013). Buku Saku Keperawatan Jiwa. ECG.Jakarta

Hadisepoetro, (2013) Pelatihan Keterampilan Sosial Berpengaruh Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial pada Klien Isolasi Sosial di Desa Paringan Kecamatan Jenangan kabupaten Ponorogo.http:// old.fk.ub.ac.idartikel/id/filed ownload/keperawatan (Diunduh tanggal: 25 Maret 2017)

Hapsari, dkk, (2010) Efektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial Pada Remaja Dengan Gangguan Kecemasan. www. .Jurnal.ump.ac.id/indek.phc/psikologi/acticel/view.Maret 14,2012

Hastono, S.P. (2007). Basic Data Analysis for Health Research Training Analisa Data Kesehatan. Jakarta. FKM: UI

Herdman, T., H (ed.) 2015. NANDA International Nursing Diagnoses: Definitions & Classification, 2015 – 2017: Oxford: Wiley-Blackwell.

Herman, (2011). Buku Asuhan Keperawatn Jiwa. (Nuhamedika, Ed): Jogyakarta. Erlinapsiah.

Hidayat, AAA. (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Hidayati, E & Widodo, S. (2014). Pengaruh Terapi Kelompok Supportif Terhadap Kemampuan Mengatasi Stress Pada Klien TBC Wilayah Kota Semarang ( The Effect Of Supportive Group Therapy To Overcome Stress Ability For Tbc Clients In The Semarang City ), 130–142.

Holmes., J., 1995. Supportive psychotherapy the search for positive meanings, http://www.bjp.rcpsych.org/cgi/10.1177.1039856214546674. Diperoleh tanggal 11 Agustus 2017

Hunt., 2004. A resource kit for self help / support groups for people affeccted by an eating disorder. http://www.medhelp.org/njgroups/ VolunteerGuide.pdf

Jumaini .(2010). Pengaruh Cognitive Behavioral Social Skills Training (CBSST) terhadap Kemampuan Bersosialisasi Klien Isolasi Sosial di BLU RS Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor Tahun 2010. Tesis FIK Universitas Indonesia. Tidak dipublikasikan.

Keliat, A. B. & Panjaitan. U. R (2010). Manajemen Keperawatan Jiwa Komunitas Desa Siaga. Jakarta : EGC

Keliat A.B et al (2013), Model praktek keperawatan Jiwa Profesional tim MPKP. Jakarta: EGC.

Kemenkes. (2014). Stop Stigma dan Diskriminasi terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Kingsep, P & Nathan, P. (2004). Social Skills Training For several mental disorder. http//www.cci.health.wa.gov.au/docs/social skills.pdf. Maret, 18 2017

Klingberg S, dkk, (2010), Supportif Therapy For Shcizoprenic Disorders. www. Karger.com/ver,DOI :10.1159/000318718, diunduh tanggal 27 Juni 2017.

Komalasari (2011) Pembelajaran kontekstual konsep dan apikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kumar B. (2015). Efficacy Of Social Skill Training For The Persone With Chronic Schizoprenia. The Qualitative Report 2015 Volume 20 Number 5, Article 7,660-96.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal for Health Sciences

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.