PENGARUH MOBILISASI PROGRESIF LEVEL 1 TERHADAP TEKANAN DARAH DAN SATURASI OKSIGEN PASIEN DENGAN PENURUNAN KESADARAN

suyanti suyanti* -  , Indonesia
Miranti Florencia Iswari -  Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKes Muhammadiyah Palembang, Indonesia
Marwan Riki Ginanjar -  Program Studi Ilmu Keperawatan, STIKes Muhammadiyah Palembang, Indonesia

DOI : 10.24269/ijhs.v3i2.1837

Latar Belakang: Nilai saturasi oksigen pasien yang mengalami penurunan kesadaran terutama pada stroke dan cidera kepala akan mempengaruhi tekanan darah menjadi tidak stabil. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh mobilisasi progresif level 1 terhadap tekanan darah dan saturasi oksigen pasien dengan penurunan kesadaran di ruang ICU Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Metode: Desain penelitian ini adalah Pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest without control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang mengalami penurunan kesadaran dengan tekanan darah dan saturasi oksigen tidak stabil di ruang ICU dengan jumlah sampel 16 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling yang dilaksanakan pada tanggal 09 April 2019 sampai 02 Mei 2019. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Terdapat pengaruh mobilisasi progresif level I terhadap tekanan darah sistole (p value < 0,001); Terdapat pengaruh mobilisasi progresif level I terhadap tekanan darah diastole (p value < 0,001); Terdapat pengaruh mobilisasi progresif level I terhadap saturasi oksigen (p value < 0,001). Kesimpulan: Mobilisasi progresif level I dapat meningkatkan tekanan darah dan saturasi oksigen pasien dengan penurunan kesadaran. Sehingga mobilisasi progresif level I dapat dijadikan salah satu intervensi keperawatan untuk meningkatkan tekanan darah dan saturasi oksigen pasien dengan penurunan kesadaran yang mudah dan aman.

Supplement Files

Keywords
Mobilisasi Progresif Level I, Sistole, Diastole, Saturasi Oksigen, Pasien Penurunan Kesadaran
  1. Ardiansyah, Muhammad. (2012). Medical Bedah Untuk Maahasiswa. Yogyakarta: DIVA Press.
  2. Burchell, L. & Powers, A. (2011). Focus on central venous pressure in an acute care setting. Journal of nursing.39-43.
  3. Jevon, P., & Ewens. B. (2009). Pemantauan Pasien Kritis (Edisi 2). Jakarta: Erlangga.
  4. Kozier. (2009). Buku Ajar Praktik Keperawatan Klinis. Jakarta: EGC.
  5. Lestari, Aprilia Endang.,Wahyu Rima Agustin & Gatot Suparmanto. (2016). Pengaruh Mobilisasi Progresif Terhadap Status Hemodinamik Pada Pasien Kritis di ICU RSUD Karanganyar.
  6. Mubarak, Wahit Iqbal., Lilis Indrawati & Joko Susanto. (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika.
  7. Rahmanti, Ainnur & Dyah Kartika Putri. (2016). Mobilisasi Progresif Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pasien Di Intensive Care Unit. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 12, No 1.
  8. Rifai, Akhmad. (2015). Perubahan Status Respirasi Setelah Dilakukan Mobilisasi Dini Pasien Infark Miokard. Volume 4, No 2, hlm 82- 196.
  9. Rihiantoro, Tori., Elly Nurachmah & Tutik Sri Hariyati. (2008). Pengaruh terapi music terhadap status hemodinamika pada pasien koma di ruang ICU sebuah Rumah Sakit di lampung. Jurnal Keperawatan, Volume 12, No 2.
  10. Setiyawan. (2016). Mean Arterial Non-InvasiveNon Invasive Blood Pressure (MAPNIBP) pada Lateral Position Dalam Perawatan Intensif: Studi Literature. University Research Colloquium.
  11. Vollman, KM. (2013). Understanding Critically Ill Patients Hemodynamic Response To Mobilization: Using The Evidence To Make It Safe And Feasible Critical Care Nursing Quarterly, Vol.36 No.1, PP.17-27.
  12. Widjaya, Anton Cahaya. (2001). Dasar-Dasar Terapi & Rehabilitasi Fisik. Jakarta: Hipokrates.
  13. Yusuf, Ah, Hanik Endang Nihayati, Miranti Florencia Iswari, Fanni Okviansanti. (2017). KEBUTUHAN SPIRITUAL: Konsep Dan Aplikasi Dalam Asuhan Keperawatan. Jakarta: Mitra wacana Media.
  14. Zakiyyah, Syifa. (2014). Pengaruh mobilisasi progresif level 1 terhadap resiko decubitus dan perubahan saturasi oksigen pada pasien kritis terpasang ventilator di ruang ICU RSUD Dr. Moewardi Surakata.

Full Text: Supp. File(s):
PENGARUH MOBILISASI PROGRESIF LEVEL 1 TERHADAP TEKANAN DARAH DAN SATURASI OKSIGEN PASIEN DENGAN PENURUNAN KESADARAN DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT
Subject
Type Research Instrument
  Download (17KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2019-07-22
Published: 2019-09-16
Section: Artikel
Article Statistics: