Inovasi Baru dan Perubahan Pelayanan Publik di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.24269/vlg.v3i3.11641Abstract The pandemic disaster that has hit the entire world, including Indonesia itself, requires the government to make new innovations and changes to public services and policies for the realization of optimal pandemic handling. This effort is also carried out in accordance with the government's momentum to advance data and information systems in the public sector. Therefore, on this occasion, it is better if the government can add to innovation in the public sector. It is very detailed and covers almost all aspects that exist. Coupled with this process which was carried out in the pandemic era, there are obstacles and encouragement. This research uses qualitative methods with descriptive analysis methods. This research shows that the government has produced new innovations and changes in public sector services, but there are obstacles, namely the lack of public understanding of online-based public sector services.
References
Djamrut, D. E. (2015). Inovasi Pelayanan Publik Di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. eJournal Ilmu Pemerintahan, Volume 3 Nomor 3, 1472-1486.
Husnayaini, D. S., Subektie, R. W., & ShirvanoConsulting. (2019). Evaluasi Inovasi Sistem Pelayanan Publik Provinsi Yogyakarta Untuk Menghadapi Masa New Normal. Civil Service VOL. 14, No.2, 1-10.
Rahajeng. (2021, Mei 31). Pandawa Permudah Layanan BPJS Kesehatan Tanpa Tatap Muka. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210531111830-4-249474/pandawa-permudah-layanan-bpjs-kesehatan-tanpa-tatap-muka
Rohman, A., & Lestari, D. C. (2020). Standart Pelayanan Publik Di Era Transisi New Normal. Jurnal Reformasi Volume 10 Nomor 2, 151-163.
Rusqiyati, E. A. (2021, Januari 30). Upaya Pemkot Yogyakarta tingkatkan layanan publik saat pandemi. Retrieved from Antara News.com: https://www.antaranews.com/berita/1975392/upaya-pemkot-yogyakarta-tingkatkan-layanan-publik-saat-pandemi
Salam, R. (20201). Perubahan dan Inovasi Pelayanan Publik Di Era New Normal Pandemi Covid-19. Journal Of Public Administration And Government Volume 3 Nomor 1, 28-36.
Syaidah. (2020). Inovasi Layanan Publik Pusat Informasi Dan Koordinasi Jawa Barat (PIKOBAR) Saat Pandemi Covid-19. Dialektika: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7, No. 2, 148-158.
Taufik, & Warsono, H. (2020). Birokrasi Baru Untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Era Covid 19. Dialogue Jurnal Ilmu Administrasi Publik VOL 2 NO 1, 1-18.
Tresna, N. (2021, Mei 8). Gubernur-Kapolda Launching 4 Inovasi Layanan Publik Samsat Cegah Pungli, Bayar Pajak Kendaraan Selesai 2 Menit. Retrieved from Nusa Bali.com: https://www.nusabali.com/berita/94649/gubernur-kapolda-launching-4-inovasi-layanan-publik-samsat.
Husnayaini, D. S., Subektie, R. W., & ShirvanoConsulting. (2019). Evaluasi Inovasi Sistem Pelayanan Publik Provinsi Yogyakarta Untuk Menghadapi Masa New Normal. Civil Service VOL. 14, No.2, 1-10.
Rahajeng. (2021, Mei 31). Pandawa Permudah Layanan BPJS Kesehatan Tanpa Tatap Muka. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210531111830-4-249474/pandawa-permudah-layanan-bpjs-kesehatan-tanpa-tatap-muka
Rohman, A., & Lestari, D. C. (2020). Standart Pelayanan Publik Di Era Transisi New Normal. Jurnal Reformasi Volume 10 Nomor 2, 151-163.
Rusqiyati, E. A. (2021, Januari 30). Upaya Pemkot Yogyakarta tingkatkan layanan publik saat pandemi. Retrieved from Antara News.com: https://www.antaranews.com/berita/1975392/upaya-pemkot-yogyakarta-tingkatkan-layanan-publik-saat-pandemi
Salam, R. (20201). Perubahan dan Inovasi Pelayanan Publik Di Era New Normal Pandemi Covid-19. Journal Of Public Administration And Government Volume 3 Nomor 1, 28-36.
Syaidah. (2020). Inovasi Layanan Publik Pusat Informasi Dan Koordinasi Jawa Barat (PIKOBAR) Saat Pandemi Covid-19. Dialektika: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 7, No. 2, 148-158.
Taufik, & Warsono, H. (2020). Birokrasi Baru Untuk New Normal: Tinjauan Model Perubahan Birokrasi Dalam Pelayanan Publik Di Era Covid 19. Dialogue Jurnal Ilmu Administrasi Publik VOL 2 NO 1, 1-18.
Tresna, N. (2021, Mei 8). Gubernur-Kapolda Launching 4 Inovasi Layanan Publik Samsat Cegah Pungli, Bayar Pajak Kendaraan Selesai 2 Menit. Retrieved from Nusa Bali.com: https://www.nusabali.com/berita/94649/gubernur-kapolda-launching-4-inovasi-layanan-publik-samsat.
Downloads
Published
2024-12-02
Issue
Section
Articles
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik jurnal.
- Penulis mengakui bahwa VILLAGE : Journal Rural Development And Goverment Studies berhak sebagai mempublikasikan pertama kali dengan bekerja secara bersamaan dibawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk membagi pekerjaan dengan pengakuan dari pengarang dan publikasi pertama dalam VILLAGE : Journal Rural Development And Goverment Studies;
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertamakali pada VILLAGE : Journal Rural Development And Goverment Studies;
- Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirimkan pekerjaan mereka secara daring (misal melalui respositories atau website instansi penulis) sebelum atau selama proses pengiriman pada VILLAGE : Journal Rural Development And Goverment Studies berlangsung, ini dapat menjadikan pertukaran informasi yang sangat produktif, dan serta menjadikan kutipan yang banyak dari publikasi;
- Setiap naskah yang diterima wajib menyertakan Perjanjian Pemindahan Hakcipta (Copyright Transfer Agreement/CTA), sebelum artikel diterbitkan. CTA dapat diunduh di sini