PROFIL KESALAHAN SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS

Erni Kurniawati -  , Indonesia
Ida Dwijayanti -  Universitas PGRI Semarang, Indonesia
Aurora Nur Aini* -  Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v6i1.3335

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam penyelesaian masalah matematika berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) ditinjau dari kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang dan rendah. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Binangun. Subjek pada penelitian ini 6 siswa, 2 siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi, 2 siswa dengan kemampuan koneksi matematis sedang dan 2 siswa dengan kemampuan koneksi matematis rendah yang diambil dari kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Binangun. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk memperoleh data dilakukan tes kemampuan koneksi matematis dan tes penyelesaian masalah matematika dengan tahapan Newman berupa soal uraian materi eksponensial kemudian dilakuakn wawancara terhadap subjek. Identifikasi kesalahan siswa berdasarkan Newman diklasifikasikan kedalam 5 jenis yaitu kesalahan membaca (decoding), kesalahan memahami masalah (comprehension), kesalahan transformasi (transformation), kesalahan kemampuan memproses (process skill), kesalahan penulisan jawaban (encoding). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi melakukan kesalahan membaca dan kesalahan penulisan jawaban. Siswa dengan kemampuan koneksi matematis sedang melakukan kesalahan kemampuan memproses dan kesalahan penulisan jawaban. Sementara untuk siswa dengan kemampuan koneksi matematis rendah melakukan kesalahan membaca, kesalahan kemampuan memproses dan kesalahan penulisan jawaban.

Supplement Files

Keywords
Newman’s Error Analysis, Problem Solving, Mathematical Connection
  1. Fatimah, S. (2019). Skripsi. Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Semarang: Universitas PGRI Semarang
  2. Habibah, A., Nandang, Sudirman. (2020). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 2
  3. Karnasih, Ida. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal PARADIKMA, Vol. 8 No. 1
  4. Kholifah, Noor. (2020). Skripsi. Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Dasar Ditinjau Dari Koneksi Matematis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
  5. Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. EduMa Vol. 3 No. 2
  6. National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM
  7. Putri, A.M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Serta Upaya Untuk Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 6
  8. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta
  9. Warih, S., Pratiwi Dwi., Parta, I Nengah, & Rahardjo, Swasono. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPM 1)
  10. Wati, R., Ningtyas, Y.D.W.K. (2020). Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Gammat, Vol. 5. No. 1
  11. White, Alan Leslie. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Vol. 33 No. 2
  12. Yusnia, Desi., Fitriyani, Harina. (2017). Identifikasi Kesalahan Siswa Menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) Pada Pemecahan Masalah Operasi Hitungan Bentuk Aljabar: Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi FMIPA Universitas Muhammadiyah Semarang

Full Text: Supp. File(s):
Profil Kesalahan Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Berdasarkan Newman's Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis
Subject Newman’s Error Analysis, Problem Solving, Mathematical Connection
Type Research Instrument
  Download (254KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2020-12-28
Published: 2021-12-19
Section: Artikel
Article Statistics: