PENGARUH MODEL THE POWER OF TWO BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI : 10.24269/silogisme.v9i1.8781
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe The Power Of Two (TPOT) berbantuan media Papan pintar terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian kuantitatif eksperimen One Group Pretest Posttest design yang digunakan pada penelitian ini, didukung dengan instrumen tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi (RPP). Data dianalisis dengan penskoran, mean, N-Gain, dan sebelum menguji hipotesis penelitian dilakukan uji normalitas dilanjutkan dengan uji Paired sample t test. Hasil nilai posttest (75,68) > Pretest (61,81) dengan N-Gain kategori sedang (0.37). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa model TPOT berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian dengan nilai sig. (2-tailed) 0.000
Keywords
Model The Power Of Two, Media Papan Pintar, Hasil belajar, Matematika
- Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media PANLINTARMATIKA (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785
- Amreta, M. Y., & Safa’ah, A. (2021). Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 21–28.
- Eci, W., & Sinaga, B. (2021). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII-Alrusyd di SMP Swasta Islam Terpadu Khairul Imam Medan. Jurnal Fibonaci, 2(1), 20–32.
- Fakhrurrazi. (2018b). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafki, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
- Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
- Hosnan, M. (2014b). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
- Khaidir, F., Setiono, P., & Heri, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 104/I Simpang Jebak. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 209–219. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8451
- Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (n.d.). Efektivitas Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 92–97. https://doi.org/10.26740/jppms.v5n2.p92-97
- Maryadi. (2020). Membandingkan Hasil Uji Statistik Parametrik dan Non Parametrik. Journal Of Applied Managerial Accounting, 4(1), 142–149. https://doi.org/10.30871/jama.v4i1.1949
- Mulasari, M. R., Wulandari, I. G. A. A., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 358–366.
- Nafisah, S., & Furnamasari, Y. F. (2023). Penerapan Media Papan Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Dua Uptd Sdn 1 Juntinyuat. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 208–216.
- Naifah. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Southeast Asian Publishing.
- Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53.
- Ningsih, S. K., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(1), 44–48.
- Nuryanti, R. (2019a). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Romawi Bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 19(1), 40–51.
- Oktavia, I. (2020). Media Pembelajaran Matematika Untuk Anak SD Kelas Rendah Materi Pembagian || Papan Pintar. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=mcWvbqISzCg
- Rahmawati, A., Chumdari, & Karsono. (2021). Analisis Penggunaan Media dalam Pembelajaran Tematik Ditinjau dari Teori Belajar Konstruktivisme di Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1), 70–75. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i1.48975
- Rani, Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Cililitan Pada Materi Magnet. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 1–6.
- Razi, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Untuk Meningkatkan Self Efficacy Dalam Pembelajaran Matematika. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 1–6.
- Sembiring, M. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas terhadap Profitabilitas Perusahaan Dagang di Bursa Efek Indonesia. LIABILITIES : Jurnal Pendidikan Akutansi, 3(1), 59–68.
- Tulhariya, S., Husniati, & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Teknik The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Of Classroom Action Research, 4(4), 123–130.
- Vinsensia, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengukuran Melalui Model The Power Of Two Di SD Katolik Habi Nusa Tenggara Timur. Serambi Akademica : Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 7(5), 745–752.
- Wahab, A., Junaedi, & Azhar, M. (2021). Efektifitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain Di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
- Yosiva, A., Hendrawan, B., & Pratiwi, A. S. (2021). Pengembangan media papan pintar (PAPIN) Dan Katalog Ajaib (KAJIB) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Kaliwalu. Jurnal PGSD, 7(2), 20–26.
- Yusuf, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23. http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100