PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VISUAL BASIC 6.0 PADA MATERI MATRIKS KELAS XI
DOI : 10.24269/silogisme.v8i2.7653
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan serta kualitas media pembelajaran matematika berbasis Visual Basic 6.0 pada materi matriks ditinjau dari tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan. Research and Development (R&D) adalah jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini dengan prosedur pengembangan ADDIE. Siswa kelas XI di MA Al-Hidayah kota Makassar menjadi subjek penelitian. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran matematika berbasis Visual Basic 6.0 pada materi matriks mencakup operasi matriks terkhusus ordo dua dan tiga yang didesain dengan menarik yang dapat dioperasikan dengan komputer secara offline. Lima tahapan prosedur pengembangan ADDIE antara lain: tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Selanjutnya, hasil dari kriteria kevalidan didasarkan pada hasil validasi oleh tim validator adalah 3,66 (sangat valid). Kriteria kepraktisan didasarkan pada hasil kuesioner tanggapan guru 97,5% (positif) dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran 3,89 (tinggi), kemudian dari kedua hasil analisis tersebut media memenuhi kriteria praktis. Kriteria keefektifan didasarkan pada hasil kuesioner tanggapan peserta didik 90,7 (sangat positif), pengamatan aktivitas peserta didik 89% (sangat baik), dan tes hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan 90%, sehingga dari hasil pengukuran. diperoleh media memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran materi matriks layak untuk digunakan dalam pembelajaran
Keywords
Mathematics Learning Media; Visual Basic 6.0; ADDIE
- Arsyad, N. (2016). Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif. In Makassar: Pustaka Refleksi.
- Cahyadi, A. (2021). Esensi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia (A. Rahmawati (ed.)). Magna Raharja Tama.
- Defi, S. L., & Qohar, A. (2022). Development of Learning Media Based on Geogebra Software on the Topic of Trigonometric Ratios. AIP Conference Proceedings, 2479, 1–8. https://doi.org/10.1063/5.0099631
- Dermawan, O., Defriyanto, Junaidah, Ayu, S. M., Busmayaril, Meisuri, &
- Muhtari, M. J. (2019). Microsoft Visual Basic 6.0 Software to Develop Mathematics Teaching Materials. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 1–15. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012090
- Faruq Fathulloh, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Pokok Bahasan Barisan Aritmetika Berbantuan Microsoft Visual Basic. Jurnal, 9(2), 90.
- Hasana, S. N., & Maharany, E. R. (2017). Pengembangan Multimedia Menggunakan Visual Basic for Application (Vba) untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika. In JPM : Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.648
- Hasanah, S. D., Erviyenni, & Rasmiwetti. (2017). Development of Learning Media Based on Visual Basic 6.0 on The Topic Rate of Reaction in Class XI Of SMA/Equivalent. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(1), 1–12.
- Isroqmi, A. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Visual Basic sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional …, 87–95. https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/8263%0Ahttps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/viewFile/8263/5801
- Jhonson, & Tambunan, H. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic dan Smoothboard pada Matematika. European Journal of Endocrinology, 171(6), 727–735. https://eje.bioscientifica.com/view/journals/eje/171/6/727.xml
- Khaidir, R., Sukmawati, R. A., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Progressive Web Application Menggunakan Metode Drill and Practice Pada Materi Matriks. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1(1), 15–22. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej
- Kirkwood, A., & Price, L. (2014). Technology-enhanced Learning and Teaching in Higher Education: What is “Enhanced” and How do We Know? A Critical Literature Review. Learning, Media and Technology, 39(1), 6–36. https://doi.org/10.1080/17439884.2013.770404
- Leung, A. (2017). Digital Technologi in Designing Mathematics Education Tasks Potential and Pitfalls. https://doi.org/10.1007/978-3-319-43423-0_12
- Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Creative Education, 37(03), 27–33. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
- Mattoliang, L. A., Majid, A. F., Hasan, R., Baharuddin, B., & Nur, F. (2022). Development of Elementary Linear Algebra Learning Video Media in Islamic Context. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(1), 67–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i1.32954
- Mawardi, K., Dewi, E. S., Asmah, S., Pratiwi, T. N., Sari, U. I., Putra, F. G., & Widayanti, W. (2019). Developing Islamic-Nuanced Linear Algebra Module with Guided-Inquiry Approach in the Matrix Material. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012080
- Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
- Nurmaenah, N. C., Aginai, S., Putri, Y., & Chotimah, S. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa pada Materi KPK Dan FPB Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Visual Basic Excel (VBE). Journal on Education, 2(4), 275–282. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.320
- Nurwijayanti, A., Budiyono, & Fitriana, L. (2019). Combining Google Sketchup and Ispring Suite 8: A Breakthrough to Develop Geometry Learning Media. Journal on Mathematics Education, 10(1), 103–115. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5380.103-116
- Ompusunggu, V. D. K. (2022). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya Di SMP Negeri 1 Paranginan. Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum (PSSH), 1(18), 1–8.
- Ordu, U. B.-A. (2021). The Role of Teaching and Learning Aids/Methods in a Changing World. Bulgarian Comparative Education Society (BCES), 19, 210–216.
- Purba, P. A. (2022). Developing E-Learning Assisted by Padlet on Matrix Learning to Improve Student Learning Outcomes. 1, 25–29.
- Rahardjo, D. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. In Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
- Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Primandhika, R. B. (2019). Developing Interactive Learning Media for School Level Mathematics Through Open-Ended Approach Aided by Visual Basic Application for Excel. Journal on Mathematics Education, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5391.59-68
- Rosmayanti, D., & Zanthy, L. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic Application Powerpoint Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 401. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p401-414
- Saregar, A., Irwandani, Abdurrahman, Parmin, Septiana, S., Diani, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding: Impact on Students’ Critical Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(3), 39–52. https://doi.org/10.17478/JEGYS.2018.80
- Suharti, Sulasteri, S., Sari, N. N., Sriyanti, A., & Baharuddin. (2020). The Development of Teaching Materials for Subjects of Numerical Method Assisted by MATLAB Software in Mathematics Education Department Students. Journal of Physics: Conference Series, 1539(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012082
- Syarifuddin, H. P. (2021). Pengembangan Modul Berbantuan Software Visual Basic Berbasis Model Problem Based Learning ( PBL ) Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs. Islahul Muslimin.
- Tanggoro, U. (2015). The Use of Instructional Media to Improve Students’ Motivation in Learning English. Dialektika Journal, 3(1), 100–107.
- Zhang, D. (2005). Interactive Multimedia-Based E-Learning : A Study of Effectivenes. Information Systems, 19(3), 149–162.