PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN CUISENAIRE RODS

Intan Sari Rufiana* -  Universitas Negeri Malang, Indonesia
Arta Ekayanti - 
Ika Tri Munawaroh - 
Fivi Intan Permata Putri - 
Ika Yuwiarti - 
Veny Wulantar - 

DOI : 10.24269/silogisme.v7i2.6457

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Cuisenaire Rods untukmenyelesaikan soal dalam worksheet. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 4,5,6 yangsedang mempelajari bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitianTindakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi pembelajaranmenggunakan Cuisenaire rods pada materi bilangan bulat dapat digunakan untukmeningkatkan kemampuan number sense siswa. Meskipun pada awalnya siswa kesulitanuntuk menggunakan media pembelajaran CR, tetapi pada akhirnya siswa mampumenggunakan media kemudian menggunakan hasilnya untuk memahami makna tanda samadengan. Di akhir pertemuan, siswa sudah mampu memaknai tanda sama dengan sebagaisebagai konsep yang merepresentasikan padanan. Hal ini dapat terlaksana karena siswasudah terbiasa menggunakan media Cuisenaire Rods.
Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-12-31
Published: 2022-12-31
Section: Artikel
Article Statistics: