PERSEPSI SISWA MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TERHADAP GURU MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19

Wasis - -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Uki Suhendar* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v7i1.5630

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo terhadap guru matematika selama pandemi COVID-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Pengkategorian hasil penelitian berdasarkan rata-rata dan standart deviasi. Disimpulkan dari penelitian ini bahwa persepsi siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo terhadap guru matematika selama pandemi COVID-19 berada pada kategori sedang, dengan persentase sebesar 46,2%. 

  1. Calhoun, J.F dan Acocella, J.R. 1995. Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. (Terjemahan oleh Satmoko). Semarang: IKIP Semarang Press.
  2. Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1): 55-61.
  3. Farhan, Q. R. dan Wibowo S. 2021. Persepsi siswa terhadap pembelajaran pjok secara daring SMPIT di Ponorogo pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(1): 387-393.
  4. Hamalik, Oemar. 2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Menteri Pendidikan. 2020. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
  6. Nuryana, A, N. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. https://kabar-priangan.com. Diakses 5 Januari 2021 jam 21.04.
  7. Siagian, M. D. 2017. Pembelajaran matematika dalam persfektif konstruktivisme. NIZHAMIYAH Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(2): 61-73.
  8. Slamet, dan Maarif. 2014. Pengaruh Bentuk Tes Formatif Assosiasi Pilihan Ganda Dengan Reward dan Punishment Score pada Pembelajaran Matematika Siswa SMA. Infinity jurnal, 3 (1) : 59-80.
  9. Sudijono, A. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
  10. Sukmadinata, N, S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  11. Toha, Miftah. 2003. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  12. UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  13. Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-08-02
Published: 2022-08-14
Section: Artikel
Article Statistics: