PENERAPAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS TEORI VAN HIELE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA

Siti Lestari* -  Universitas Lampung, Indonesia
Caswita - -  Universitas Lampung, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v6i2.4507

Segiempat merupakan salah satu materi yang diajarkan pada jenjang SMP/MTS. Segiempat banyak ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana penerapan LKPD interaktif berbasis teori van hiele dan menganalisis hasil jawaban siswa terhadap kemampuan berfikir. Solusi dari permasalahan tersebut adalah meningkatkan pemahaman siswa melalui pengembangan LKPD yang mengacu pada teori Van Hiele. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah eksperimen dengan desain static group design. Sampel yang diamati adalah 22 peserta didik kelas VII yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.Hasil penelitian menunjukan kemampuan berpikir peserta didik tinggi terdapat 5 peserta didik (22,7%), kemampuan peserta didik sedang terdapat 7 peserta didik (31,8%), dan untuk kemampuan peserta didik rendah terdapat 10 peserta didik (45,5%). Rata-rata kemampuan berpikir peserta didik kelas VII materi segiempat berada pada kelompok rendah.

 

Keywords
LKPD, VAN Hiele, Thingking Abilites
  1. Abduhsakir. (2018). Pembelajaran Geometri sesuai Teori Van Hiele. Unaenah, Een, Indah Ayu Anggraini, Indah Aprianti, Widya Nur Aini, Dian Chaerani U,
  2. Siti Khoiriyah, dan Ardi Refando. (2020). Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Bangun Datar.Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 2, Nomor 2, Juli 2020, 365-374
  3. Fransiska Diana, Laili Fitri Yeni, dan Titin. (2021). Pengembangan LKPD berbasis multimedia pada materi kongdom monera. Journal of Biology Learning Vol. 3No 1 March 2021, pp 09-17
  4. Hariski Rahmawati, L. Dan Siti Sri Wulandari. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, nomor 3 2020
  5. Karsini, Rini, Pangoloan Soleman Ritonga. (2020). Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LDPD)Berbasis Probing-Prompting pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2020, Vol. 10 no 1 53
  6. Kemala Safira, Ayuni, dan Edwin Musdi. 2016. Teori Van Hiele dan Hasil Belajar dalam Bidang Geometri. Vol. 8 No. 2 Juni 2019 Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika
  7. Khulsum, Regiana, Yani Suryaningsih, Marchasan Lexbin Evi Judah Riajanto. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis (BKM) siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jornal Pembelajaran Matematika Inovatif Volume 1, No 5 September 2018
  8. Pratiwi Umami, Farisia, Titik Sugiarti, dan Fajar Surya H. 2020. Penerapan Teori Belajar Van Hiele Untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, dan Segitiga.
  9. Rokhmah, Lailatur, Fakhili Gulo, Rodi Edi. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017
  10. Sesfaot Ludmila, Yusak I Bien, dan Alfonsa M.Abi (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 04, No 02 November 2020, pp. 454-460.
  11. Sutriana Lilis, Oyon Haki P, dan Yusuf S. (2018). Implementasi Teori Belajar Van Hiele untuk meningkatkan Pemahaman Siswa pada konsep sifat-sifat Bangun Datar Sederhana. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR VOL. 5 NO 4 (2018) 99-110.
  12. Syutaridho. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bangun Datar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Juni 2019 5, (1): 41-56
  13. Wayan Cong Sujana, I. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIJAYA : Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4, Nomor 1 April 2019 ISSN : 2527-5445
  14. Wiska, Siltima, Edwin Musdi, Dony Permana, dan Yerizon. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Peserta Didik dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Volume 6 No 1 Bulan Juni 2020.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-12-17
Published: 2022-01-02
Section: Artikel
Article Statistics: