PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH
DOI : 10.24269/silogisme.v6i1.3082
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan perilaku dan kemampuan berpikir kiritis siswa pada materi bangun sisi datar. Berdasarkan observasi di sekolah MTs Al – Ittihadiyah, diketahui dengan jelas ketika proses pembelajaran berlangsung, peserta didik belum mencapai ketuntasan, terutama dalam berpikir kritis dan prilaku karakter. Jenis Penelitian ini berbentuk design eksperimen berbentuk desain faktorial yang merupakan modifikasai dari design true experimental dimana memperhatikan kemungkinan mempengaruhi perlakuan (independent variabel) terhadap prilaku karakter dan kemampuan berpikir kritis (dependent variable). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Al – Ittihadiyah Dalam hal ini sampel yang digunakan sebanyak dua kelas VIII. Satu kelas dijadikan kelas eksperimen I dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dan kelas berikutnya dijadikan kelas eksperimen II dengan menggunakan pendekatan ekspositori (konvensional) yang masing-masing kelas berjumlah 30 peserta didikTeknik pengumpulan data menggunakan tes esai dan angket skala Likert dan teknik analisa data menggunakan IBM SPSS 22 for windows, dengan uji General Linier Models. Hasil Penelitian ini diketahui bahwa (a) Ada perbedaan signifikan prilaku karakter dengan pembelajaran kontekstual dengan peserta didik yang belajar dengan pendekatan ekspositori, (b) ada perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran kontekstual dengan peserta didik yang belajar dengan pendekatan ekspositori dan (c) Terdapat ada interaksi pembelajaran kontekstual dengan prilaku karakter terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII Semester II MTs Al – Ittihadiyah pada materi bangun ruang sisi datar.
- Abidin., 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran Dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke – 21. Bandung: PT.Refika Aditama
- Al-Tabany, T.I.B. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Arikunto., 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta
- Bustami., Syafruddin, Afriani., 2018. The Implementation Of Contextual Learning To Enhance Biology Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Volume 7 Nomor 4. P:452
- Fertiwi., Margiati., Suryani., 2014. Pengaruh Teori Belajar Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Geometri Siswa SD. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar FKIP Untan Pontianak. Artikel Ilmiah. Halaman: 2
- Happy dan Widjajanti., 2014. Keefektifan PBL Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 1. Hal: 56
- Maryati dan Priatna., 2017. Integrasi Nilai-Nilai Berkarakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal “Mosharafa”, Volume 6, Nomor 3, Hal:333
- Samo., Darhim, Kartasasmita., 2017. Developing Contextual Mathematical Thinking Learning Model to Enhance Higher-Order Thinking Ability for Middle School Students. International Education Studies; Volume. 10.Nomor 12. P:446
- Sulianto, J. 2008. Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Phytagoras. Vol. 4. No.2. Hal:15
- Syahbana, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Edumatica. Vol.2. No.2.
- Syukri., 2010. Pendidikan Berbasis Berkarakter Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Cakrawala. Hal:8