SENSING VS INTUITING : ANALISA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENYELESAIKAN MASALAH HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILLS)

Kiara Arfia* -  Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
Rhomiy Handican -  Insitut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

DOI : 10.24269/silogisme.v9i2.10292

Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dipengaruhi oleh perbedaan tipe kepribadian, seperti sensing dan intuiting, dalam mengolah informasi dan mengevaluasi masalah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS dengan tipe kepribadian sensing dan intuiting. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan, di mana data dikumpulkan melalui observasi langsung, analisis hasil tes, dan wawancara semi-terstruktur. Penelitian ini melibatkan 33 siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Sungai Penuh, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan, dengan subjek penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling. Tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) digunakan untuk mengidentifikasi tipe kepribadian sensing dan intuiting, dengan dua siswa dari masing-masing tipe dipilih untuk mewakili kategorinya. Instrumen yang digunakan meliputi angket MBTI, tes matematika HOTS, serta wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan secara interaktif meliputi pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data yang berfokus pada pola-pola berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS. Data direduksi dan diklasifikasikan berdasarkan kesalahan dalam membaca, memahami, dan mentransformasi masalah, sehingga perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa dengan tipe kepribadian sensing dan intuiting dapat diidentifikasi. Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan tipe kepribadian sensing dan intuiting berbeda dalam hal pengolahan informasi dan evaluasi, dimana  siswa dengan tipe sensing lebih unggul dalam mengidentifikasi elemen-elemen penting dari soal, lebih teliti dalam menangani detail  dan menyusun langkah-langkah penyelesaian secara terstruktur, namun sering kurang dalam mengevaluasi solusi secara mendalam dan mencari alternatif penyelesaian yang kreatif. Sebaliknya, siswa dengan tipe intuiting cenderung lebih eksploratif dan kreatif dalam mencari solusi, namun sering kali tidak sistematis dalam proses pemecahan masalah dan mengalami kesulitan menjelaskan langkah-langkah yang diambil secara logis.

Supplement Files

Keywords
Kemampuan Berpikir Kritis; Matematika; Sensing; Intuiting; Tipe Kepribadian; HOTS
  1. Cahya putra, R. agung. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Tipe Sensing-Intuiting dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade. Jurnal Gantang, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.899
  2. Chen, J., Yang, Y., & Wang, S. (2022). The role of intuitive thinking in problem solving: Exploring the impacts on creative performance. Journal of Educational Psychology, 114(1), 45-58. https://doi.org/10.1037/edu0000450
  3. Crismasanti, Y. D. (2017). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vii Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Melalui Tipe Soal Open Ended Pada Materi Pecahan. Universitas Kristen Satya Wacana.
  4. Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723.
  5. Faizah, K., Sudiana, R., & Fakhrudin. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myer Brigss Type Indicator (MBTI). Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 565–575.
  6. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1686
  7. Gunning, D. (2021). Cognitive processing in mathematical problem solving: Understanding the role of personality types. Routledge.
  8. Hanafi, M., Syamsuri, S., & Mutaqin, A. (2022). Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Matematika Berdasarkan Brookhart Konteks Motif Batik Pandegelang Pada Siswa MTs. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 43. https://doi.org/10.33394/mpm.v10i1.5207
  9. Iyer, M., & Rao, K. (2024). Evaluative strategies in mathematical problem-solving: A comparison between sensing and intuitive thinkers.
  10. International Journal of Mathematics Education, 56(2), 121-135. https://doi.org/10.1007/s10283-023-00725-4
  11. John W. Creswe, Wekke, I. S., & Ll. (2020). Berpikir Seperti Peneliti Kualitatif (Vol. 21, Issue 1).
  12. Kartika, Y. K., & Rakhmawati, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2515–2525. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1627
  13. Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 905923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170
  14. Kusumastuti, A. N., Budiyono, & Indriati, D. (2021). Mathematical internal connection ability based on personality types of sensing and intuiting. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012093
  15. McCormick, M., Lee, S., & Johnson, R. (2019). The impact of personality types on mathematical problem-solving approaches. Educational Psychology Review, 31(4), 785-801. https://doi.org/10.1007/s10648-019-09554-2
  16. Miller, J., & Kopp, S. (2020). Creativity and abstraction in problem-solving: Insights from intuitive thinkers. Journal of Cognitive Education and Psychology, 19(3), 204-220. https://doi.org/10.1891/1945-8959.19.3.204
  17. Miller, S. (2019). Analyzing cognitive styles in mathematics education. Cambridge University Press.
  18. Nainggolan, S. P., Amalia, J., & Silalahi, S. M. (2022). Analisis Kemampuan
  19. Koneksi Matematis Peserta Del Mathematics dan Science Competition (DMSC) ditinjau dari Kepribadian Sensing(S)-Intuiting (N). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2584–2598. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1671
  20. Nasser, R., & Roman, J. (2021). The effect of personality types on mathematical problem-solving strategies and outcomes. Research in Mathematics Education, 23(1), 67-82. https://doi.org/10.1080/14794802.2021.1874893
  21. Purnaningsih, I., & Zulkarnaen, R. (2022). Identifikasi Faktor Penyebab
  22. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Siswa Kelas Viii. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 291. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7185
  23. Ramirez, E., Rogers, T., & Martinez, A. (2023). Reflective practices and problem-solving efficiency: A study of sensing versus intuitive students. Journal of Learning and Teaching, 45(2), 99-114. https://doi.org/10.1080/08923648.2023.2084568
  24. Riyanto, A., & Ishartono, N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Artimatika Sosial Ditinjau dari Kemampuan Matematis dan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 25522568. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1435
  25. Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
  26. Setyo Anjani, D., Trapsilasiwi, D., Pratama Murtikusuma, R., Oktavianingtyas, E., & Wiliandani Setya Putri, I. (2021). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Open Ended Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Sensing-Intuition. Kadikma, 12(2), 6978.
  27. Silvatama, M. A., Alvarez, J. I., & Murtafiah, W. (2024). Analogical Reasoning of Sensing and Intuition Personality Student in Solving Proportion Problem : Two-Variable into Three-Variable Direct Proportion Word Problem. 15(2), 423–437.
  28. Smith, L., Watson, G., & Thomas, M. (2021). Focusing on detail: The effectiveness of sensing types in structured problem-solving. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 33(4), 551-567. https://doi.org/10.1007/s11092-021-09447-5
  29. Susilo, B. (2020). Profile of Mathematical Creative Thinking in Students Type Sensing and Intuiting Personality in Resolving Mathematical Problems. Journal of Instructional Development Research, 1(1). https://doi.org/10.30998/jidr.v1i1.239
  30. Ummah, widya chilyatul choirul. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Berbasis Hots Di Kelas Vi. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
  31. Wang, X., Zhang, Y., & Chen, L. (2022). Abstract thinking and problem-
  32. solving: The advantages of intuitive cognitive styles. Journal of Experimental Psychology: Applied, 28(1), 1-15. https://doi.org/10.1037/xap0000392
  33. Yulianto, D., Juniawan, E. A., & Kusdini, R. (2023). Pengaruh Metode Accelerted Learning For The 21st Century Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 8(2), 112–127.
  34. Zhang, X., Liu, H., & Li, Q. (2023). Cognitive styles and their influence on problem-solving strategies in mathematics. Journal of Cognitive Science, 14(2), 111-125. https://doi.org/10.1007/s41808-023-00131-8

Full Text: Supp. File(s):
Surat pernyataan keaslian naskah
Subject
Type Other
  Download (95KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2024-09-17
Published: 2024-12-15
Section: Artikel
Article Statistics: