KMS (KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM) PENDIDIKAN USIA DINI MENGGUNAKAN METODE KMSLC
DOI : 10.24269/mtkind.v16i1.4377
Abstrak
Di era Pandemi Covid-19 ini, para orangtua yang memasukan anaknya di sekolah PAUD diharuskan mendampingi anak dalam proses pembelajaran di rumah atau daring. Adapun upaya yang dilakukan untuk peningkatan pengetahuan dan kemampuan anak yang tidak hanya berfokus pada kognitif saja namun juga perkembangan karakter, spiritual, fisik, sosial dan emosional maka perlu adanya wadah berbagi ilmu dan praktik berbasis ICT, yaitu KMS (Knowledge Management System). Penelitian ini bertujuan untuk membangun KMS PAUD. Metode yang digunakan adalah KMSLC yang tahapannya terdiri atas evaluasi infrastruktur, pembentukan tim kms, knowledge capture, Design KMS Blueprint, implementasi KMS, pengujian KMS. Penelitian ini menghasilkan aplikasi KMS yang terdiri dari fitur permainan edukasi anak 1-6 tahun, fitur pembelajaran untuk anak usia 3-6 tahun, fitur informasi perkembangan anak berdasarkan usia, register, login dan forum orangtua. Aplikasi ini telah diuji menggunakan pengujian balck box dimana hasil dari pengujian 100% fitur yang terdapat pada aplikasi KMS berfungsi dan berjalan sesuai dengan harapan.
Abstract
In this era of the Covid-19 Pandemic, parents who enroll their children in PAUD schools are required to accompany their children in the learning process at home or online. As for the efforts made to increase children's knowledge and abilities that do not only focus on cognitive but also character, spiritual, physical, social and emotional development, it is necessary to have a forum for sharing knowledge and ICT-based practices, namely KMS (Knowledge Management System). This study aims to build PAUD KMS. The method used is KMSLC whose stages consist of infrastructure evaluation, KMS team formation, knowledge capture, KMS Blueprint Design, KMS implementation, KMS testing. This study resulted in a KMS application consisting of educational game features for children 1-6 years old, learning features for children aged 3-6 years, information features on child development based on age, registration, login and parent forum. This application has been tested using black box testing where the results of testing 100% of the features contained in the KMS application function and run as expected.
- A.Yus. 2015.Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Prenadamedia Group.
- J. Dimayanti. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
- R.Wulandari, B.Ichsan, Y.A.Romadhon. 2016. Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun dengan Pendidikan Usia Dini dan Tanpa Pendidikan Usia Dini di Kecamatan Peterongan Jombang.Biomediaka. 1(1):47-53.
- UU NOMOR 20 TAHUN 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Internet]. Diakses tanggal 22 Februari 2020. https://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/
- Magta Mutiara. Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantar Pada Anak Usia Dini.Jurnal Pendidikan Usia Dini. 7(7) : 221-233.
- B. Kurniawan, I. Idris, A. Purnomo, A.Wiradimadja, S.Sukamto. 2019. Using Broadcasting Learning Design to Enhance Student’s Experiential Skill. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET). Vol 14(16): 172–180.
- B. Kurniawan , A. Purnomo, Idris. 2020. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online. International Journal of Community Service Learning. Vol 4(1): 1-9.
- Ahmad, H.R.P. Negara, M. Ibrahim, Etmy Desventri. 2020. Pelatihan Pembelajaran Daring(GoogleClassroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter. Vol 3(1): 66-79.
- K. C. Laudon , J.P. Laudon, 2018. Management Information System Managing The Digital Firm (15 ed.). New York: Pearson.
- H.T. Sadiah. 2015. Analisis ICT Literacy Petani Kedelai dan Pengembangan KMS Kedelai menggunakan Konsep Arsitektur Informasi [Tesis]. Bogor: IPB.
- I. B. Fernandez, R. Sabherwal. 2015. Knowledge Management System and Processes (2 ed.). New York: Routledge.
- H.T. Sadiah, M.S.N Ishlah, N.S.A.L. Elfrieda, M.A. Gasbara. 2021. KMS (Knowledge Management System) Obat Ibu Hamil Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi dan ilmu Komputer (JTIIK). Vol 8(2):253-264.
- H.T. Sadiah. N.S.A.L. Elfrieda, M.A. Gasbara, Tosida. E.T., M.S.N Ishlah. 2020. Usability Testing on Android Based KMS For Pregnant Woman using the USE Questionnaire. International Journal of Quantitative Research and Modeling. 1(3): 164-173.
- M. Kristiawan, N. Aminudin, F. Rizki. 2021. Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (2):1905-1914.
- E. Award, H. Ghaziri. 2004. Knowledge Management. New Jearsey (US): Pearson Education Inc.
- H. Yuniar. 2013. Pembangunan Sistem Manajemen Pengetahuan Hama Kedelai pada Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian [Tesis]. Bogor: IPB.
- J. Satzinger, R. Jackson , S. Burd. 2010. System Analysis and Design in a changing World. USA: Course Technology Cengage Learning.
- R.V.D. Gonzalez, M.F. Martins. 2017. Knowledge Management Process: a theoretical-conceptual research.Gest. Prod., São Carlos, 24 (2), pp. 248-265.
- N. Yuliani. 2020. Kurikulum Bermain Kreatif. Jakarta: Indeks.
- F. Imron. Srikantono. 2013. Kurikulum dan Bahan Ajar Paud untuk Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa dan Para Praktisi Pendidikan. Jember:SUPERIOR “Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial”.
- S.N.Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.