PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER DAN MATRIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA 2013/2014
DOI : 10.24269/mtkind.v7i1.133
Adapun faktor yang mempengaruhi ketidakberhasilan pembelajaran, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah ketidaktepatan penerapan pembelajaran yang dilaksanakan. Banyak model, metode, pendekatan yang dapat dipilih dan digunakan dalam pembelajaran untuk memperbaiki proses pembelajaran. Untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika agar hasil yang dicapai oleh mahasiswa optimal, maka peneliti memilih menerapkan pendekatan kontekstual. Peneliti ingin melihat Apakah pendekatan Kontekstual yang diterapkan pada Mata Kuliah Aljabar Linier dan Matrik dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo?; serta Bagaimana respon mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo terhadap pendekatan kontekstual yang diterapkan pada mata kuliah Aljabar Linier dan Matrik?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil Penelitian menunjukkan penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran materi Aljabar Linier dan matriks dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa teknik informatika dan respon mahasiswa terhadap penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran Aljabar Linier dan Matriks positif