FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI WIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
DOI: 10.24269/ekuilibrium.v8i1.2013.pp62 - 88
Abstract
Perguruan tinggi seharusnya lebih fokus pada bagaimana lulusan mampu menciptakan pekerjaan. Niat kesungguhan untuk berwirausaha harus tertanam dalam benak mahasiswa. Intensi wirausaha telah terbukti menjadi prediktor baik bagi perilaku kewirausahaan Penelitian ini menguji pengaruh faktor demografi, lingkungan, dan kepribadian dalam mempengaruhi intensi wirausaha mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan sampel sebanyak 127 mahasiswa penelitian ini memberikan bukti bahwa ada perbedaan intensi wirausaha mahasiswa fakultas ekonomi dan mahasiswa fakultas non ekonomi. Intensi wirausaha mahasiswa yang pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan ditemukan lebih tinggi daripada mahasiswa yang belum pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan. Namun hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variable latar belakang pendidikan, pelatihan, gender, keinginan untuk pencapaian dan lingkungan kontekstual tidak berpengaruh terhadap intensi wirausaha mahasiswa. Variabel efikasi diri berpengaruh terhadap intense wirausaha pada tingkat signifikansi 10%. Secara keseluruhan variable independen yang digunakan dalam model hanya mampu menjelaskan intensi wirausaha mahasiswa sebesar 14,5% (R2= 0.145) Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan program pendidikan yang dapat mendorong semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa.
Keywords
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.