Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Komunikasi Bagi Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya

Trenda Aktiva Oktariyanda* -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Galih Wahyu Pradana -  Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v8i2.2511

Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan buku ajar yang layak untuk mata kuliah Komunikasi. Model pengembangan yang dipakai adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate), yang terdiri dari beberapa langkah; penentuan materi  yang perlu disusun berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester; mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam menyusun buku ajar; menyusun materi; mengompilasi hasil penyusunan materi; pengujian oleh reviewer; penyelesaian penyusunan buku ajar.  Dalam melakukan design uji coba terdapat tahapan-tahapan pengujian, yaitu draft buku ajar  di review oleh dosen pengampu mata kuliah Komunikasi di luar tim penyusun buku ajar, uji coba satu-satu, dilakukan oleh penyusun buku ajar dengan pakar atau ahli.

Berikut hasil dari pengembangan buku ajar Komunikasi yaitu dimulai dari mengkaji RPS mata kuliah, menetapkan substansi kajian dan sumber referensi, menyusun bagian isi buku hingga menjadi draft utuh, sampai menganalisis dan mendiskusikan dengan reviewer dan melakukan Focus Grup Discussion (FGD) dengan tim ahli, hingga merevisi buku ajar tersebut. Kesimpulannya adalah substansi kajiannya sudah sesuai, cara penyusunan sudah melalui tahapan yang ditentukan, dan beberapa catatan dari reviewer dan tim ahli terkait hal teknis dan redaksionalnya, sehingga disarankan untuk melanjutkan dan menyempurnakan buku ajar sesuai arahan hasil review dan FGD.
Keywords
Pengembangan; buku ajar; komunikasi
  1. Anggara, Sahya, 2012, Perbandingan Administrasi Negara, Bandung: Pustaka Setia
  2. Asshiddiqie, Jimly, 2010, Perkembangan dan Kolsolidasi Lembaga Negara Pasca Reformasi, Jakarta, Sinar Grafika
  3. Diknas Dirjen Dasmen, 2002, Pendekatan Kontekstual, Diknas Dirjen Dasmen, Jakarta.
  4. Jreisat, Jamil. 2011. Globalism and Comparative Public Administration. Public Administration and Public Policy Series. CRC Press.
  5. Kadarwati, Tri, 2014, Perbandingan Administrasi Negara, Tangerang, Universitas terbuka
  6. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Program Studi Unesa, 2015
  7. Nurhadi dkk, 2004, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang, University Press UM
  8. Pasolong, Harbani, 2014, Teori Administrasi Publik, Bandung, Alfabeta
  9. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  10. Riyanto, Yatim, 2008, Paradigma Pembelajaran, Unesa University Press
  11. Sagala, Syaiful, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta
  12. Sarundajang, 2012, Pemerintahan Daerah Berbagai Negara, Jakarta: Kata Hasta Pustaka
  13. Slamet, 2003, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, PT Rineka Cipta
  14. Suyanto dan Djihad Hisyam, 2000, Refleksi dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia Memasuki Milenium III, Yogyakarta, Adicita Karya Nusa
  15. Syafiie, Inu Kencana dan Andi Azikin, 2008, Perbandingan Pemerintahan, Bandung: Refika Aditama
  16. Uni, Hamzah B, Nina Lamatenggo, Satria Koni, 2010, Desain Pembelajaran, Bandung, MQS Publishing.
  17. www.penerbitdeepublish.com
  18. Yamin, Mastinis, 2008, Desain Pembelajaran berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta, Gaung Persada Press

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-03-13
Published: 2020-03-13
Section: Artikel
Article Statistics: