IMPLEMENTASI MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Dian Kristiana* -  Universitas Muhamamdiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/dpp.v4i2.198

Penelitian terfokus pada bagaimana imlementasi mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran perkembangan peserta didik prodi pendidikan matematika semester genap tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa, hasil belajar mahasiswa, serta proses aktivitas dosen dan mahasiswa dalam implementasi mind mapping mata kuliah perkembangan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam mendukung hasil penelitian, peneliti menggunakan instrumen observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk melihat secara langsung dari dekat proses aktivitas dosen dan mahasiswa dalam implementasi mind mapping dalam pembelajaran pekembangan peserta didik terhadap motiasi dan hasil belajar mahasiswa. Observasi  dilakukan dengan observasi partisipan dan menggunakan catatan lapangan.  Untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar mahasiswa digunakan wawancara. Wawancara ini akan dilakukan dalam bentuk wawancara tidak terstruktur, dengan harapan dapat digunakan untuk mendapatkan data secara lengkap dan riil tentang kondisi yang alami.

Supplement Files

Full Text: Supp. File(s):
Untitled
Subject
Type Other
  Download (152KB)    Indexing metadata
Article Info
Submitted: 2016-08-20
Published: 2016-08-20
Section: Artikel
Article Statistics: