Peran Influencer Dalam Strategi Promosi Wisata Kuliner di Ponorogo (Akun Instagram @ariesskuliner)

Chiang Chiang, Krisna Megantari, Ayub Dwi Anggoro

Abstract


Peran influencer dalam strategi promosi kuliner di Ponorogo (Akun Instagram @ariesskuliner). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran Influencer dalam strategi meningkatkan promosi wisata kuliner yang ada di Ponorogo dengan bauran pemasaran 7P dan penerapan 3R (Solis 2012) pada Influencer. penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif,yaitu penelitian yang diarahkan untuk memberikan penjelasan berdasarkan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data ini menggunakan Teknik wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Aris Kurniawan dan para pengguna jasanya. Hasil dari penelitian ini maka disimpulkan Strategi pemasaran bisnis kuliner menggunakan influencer di media social Instagram saat ini sedang booming, peran influencer sangat dibutuhkan untuk mempromosikan sebuah produk kuliner menarik daya tarik pembeli dan meningkatkan penjualan. Dalam penelitian dengan menggunakan strategi bauran pemasaran 7P menunjukan bahwa keseluruhan telah berhasil diterapkan namun ada dua indikator yang tidak sesuai.dari strategi harga yang disamaratakan tidak terdapat perbedaan tarif bagi pengusaha kecil sehingga pedagang dengan penghasilan yang kurang cukup tidak bisa menggunakan jasanya dan kurangnya strategi @ariesskuliner dalam mempromosikan jasanya di Instagram, seharusnya @ariesskuliner menyematkan informasi rate card dan rules di Instagramnya sehingga memudahkan calon konsumen yang akan melakukan endorsement. Dan untuk penerapan 3R dapat disimpulkan bawah @ariesskuliner mampu mengarahkan para pengikutnya untuk menerima sebuah saran dan melakukan pembelian terhadap sebuah barang yang dipromosikan melalui akun sosial medianya.

Full Text:

PDF

References


Sari, Nurbaiti (2020). Peran Influencer Marketing Dalam Meningkatkan Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Pada Media Sosial. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurut. Banjarmasin.

Prasita, D. (2008). Analisis Kepuasan Konsumen dan Bauran Pemasaran (7P) Studi Pada Konsumen (tamu) Hotel Santika Premiere Jogja. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Nurul, A. (2021). Penerapan strategi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Sambel Layah Arcawinangun) (Doctoral dissertation, IAIN PURWOKERTO).

Nugraheni, Ulfa (2021) Upaya Marketing Public Relations Umkm Kuliner Melalui Media Sosial Instagram Di Wilayah Ponorogo Pada Masa Mpandemi Covid-19 (Akun Instagram @Eatpartner). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Ramadhan, Z. A. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempertahankan Kelangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi Covid-19 Di Kota Jakarta Timur (Studi Kasus Rumah Makan Ayam Geprek “Jenderal”) (Doctoral Dissertation, Stie Mahardhika Surabaya).

Kanal Info, 2019. Htpps:/www.kanalinfo.web.id/pengertian-kuliner. Diakses 11 maret 2022, pukul 12.31 WIB

KumparanTECH,2018. https://kumparan.com/kumparantech/begini-cara-hitung-pendapatan-selebgram-berdasarkan-follower-27431110790557040/full Diakses 14 maret 2022, pukul 15.00 WIB

Knowledges,2020. https://redcomm.co.id/knowledges/rumus-menghitung engagement-rate- Diakses 14 maret 2022, pukul 15.20 WIB

Marsha N. Safithri, 12 jan 2022. https://majoo.id/solusi/detail/pengertian-endorse Diakses 20 maret 2022, pukul 09.00 WIB

Anjani, S., & Irwansyah I. (2020). Peran Influencer Dalam Mengomunikasikan Pesan Di Media Sosial Instagram [The Role Of Social Media Influencer Influencer In Communicating Messages Using Instagram]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 203-229.

Sukmanegara, R. (2020). Marketing Mix.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.