Analisis Independensi pada Media Online Beritajatim.com Terhadap Pemberitaan di Wilayah Kabupaten Magetan Edisi Bulan November 2021 – Maret 2022

Mega Octavia, Eli Purwati, Krisna Megantari

Abstract


Beritajatim.com merupakan portal media online yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur. Media ini  memberitakan isu atau peristiwa yang terjadi di berbagai daerah yang ada di Jawa Timur. Salah satunya  pemberitaan yang terjadi di Kabupaten Magetan. Sebagai media sebuah berita yang ditampilkan di khalayak  harus dapat dinikmati dan terdapat makna penting yang dapat mencerminkan suatu media. Sehingga diperlukan  suatu analisis untuk melihat kepentingan tersebut. Penelitian ini memfokuskan kajian pada Independensi  Media Online dalam berita yang ditayangkan oleh beritajatim.com di rubrik Sosial, Ekonomi, dan Politik Edisi  Bulan November 2021 – Maret 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui independensi  beritajatim.com terhadap pemberitaan di wilayah Kabupaten Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian  kualitatif deskriptif yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti berdasarkan fakta. Data  yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teori Independensi. Hasil penelitian menemukan bahwa,  independensi yang terjadi di beritajatim.com belum diterapkan sepenuhnya. Karena, hal ini dibuktikan dengan  berita-berita yang telah dianalisis masih cenderung lebih banyak unsur keberpihakan.

Full Text:

PDF

References


Suhendra, D. (2018). Penerapan Prinsip Sembilan Elemen Jurnalisme Pada Jurnalis RRI Pro 1 Jambi. In Skripsi UIN Sulthan Thaha Shaifuddin. UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media Online (I. Kurniawan & M. A. Elwa (eds); Cetakan II). Nuansa Cendekia

Siregar, A. E., Rahayu, Rianto, P., & Adiputra, W.M. (2014). Mengungkapkan Independensi Dan Netralitas Dan Media Di Indonesia. Jurnal Dewan Pers, Volume 9(Mengungkap Independensi Media), 3-40.

R. N. Sari, “Independensi Media Online Dalam Memberitakan Demonstrasi Mahasiswa Solo Tolak Revisi Uu Kpk,” Fakultas Ushluddin, Adab, Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (Iain) Ponorogo, 2020.

Hajad, V. (2018). MEDIA DAN POLITIK (Mencari Independensi Media Dalam Pemberitaan Politik). SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Salma, K., & Sobur, A. (2020). Independensi Media dalam Pemberitaan Pilpres di Media Massa Online.

Permana, F. Y. (2017). Maintain Print Media Market through Augmented Reality Content (Study on Tribun Jogja Newspaper)[Mempertahankan Pasar Media Cetak melalui Konten Augmented Reality (Studi pada Koran Tribun Jogja)]. Pekommas, 2(2), 222353.

Khotimah, N. (2019). Tantangan Independensi Media Dalam Pemilu: Kasus Kompas. com. Islamic Communication Journal, 4(2), 133-145.

Enjang Muhaemin, E. (2016). Membangun Independensi Media. Harian Umum Tribun Jabar.

Afiantara, M. R. D., Tiyas, P. C., Dewi, R. S., Wicaksono, R., Wibowo, F. F. M., Aprilyawati, F. D., ... & Juniarta, R. (2020). Independensi Media Itu Omong Kosong (Vol. 10). Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).

Ritonga, R. (2021). Rontoknya independensi pers cetak dan online di Kota Medan. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(1), 26-39.

Susanto, E. (2021). Independensi Media Tempo Dan Pengaruh Ekonomi Politik Dalam Praktik Strukturasi. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 24-38.

Effendi, Amir. 2004. Kebebasan Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Yogyakarta: UII Pers Yogyakarta (Anggota IKAPI)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.