Strategi Destination Branding Desa Wisata Taman Sekar Wilis Desa Sareng Kecamatan Geger Kabupaten Madiun

Lucky Indrawan Chrismanto Ombeng, Eli Purwati, Ayub Dwi Anggoro

Abstract


Strategi Destination Branding Desa Wisata Taman Rekso Wilis Desa Sareng Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses strategi Destination Branding Desa Wisata Taman Rekso Wilis Desa Sareng Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara serta dokumentasi terkait dengan strategi destinasi branding desa wisata taman rekso wilis yang dilakukan pada pemerintah desa sareng serta hasil penerapannya pada masyarakat. Data yang diperoleh kemudian diolah secara kualitatif dengan memperhatikan seluruh data yang telah terkumpul dan mengkategorikan dengan konsep destinasi branding Morgan yang berisikan unsur-unsur yang diperhatikan dalam strategi destinasi branding pada suatu wilayah. Pembahasannya dianalisis melalui hasil wawancara serta menggunakan interpretasi. Destinasi wisata merupakan sebuah nama, simbol, logo, atau gambaran yang dapat mengidentifikasikan suatu wilayah tertentu dan membedakan suatu destinasi, menjanjikan, serta memiliki kesan pengalaman destinasi. Dalam hal ini, diperlukan sebuah peran aktif masyarakat agar terwujudnya destinasi wisata yang dimana bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata serta pengelolaan untuk menghasilkan sesuatu yang positif. Unsur yang diperhatikan dalam strategi destinasi branding pada suatu wilayah.Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa strategi destination branding desa wisata taman rekso wilis Desa Sareng Kecamatan Geger Kabupaten Madiun yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sareng adalah desa sareng menjadi salah satu destinasi wisata khususnya pada taman yang banyak dikunjungi oleh masyarakat luas, namun disisi lain ada beberapa sektor yang masih memiliki kekurangan yang dimana penggunaan media yang belum terlalu masif.

Full Text:

PDF

References


Christiawan, Ferry., Bramantya, Sutanto Pratama Ryan. Perancangan Destination Branding Kawasan Wisata Kuliner Lentog Tanjung Kabupaten Kudus. Universitas Kristen Petra

Farhanas, S (2018). Destination Branding Gunung Pinang Sebagai Tujuan Wisata Di Kabupaten Serang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Miles, M,. & Huberman, A. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohidi. Jakarta. Universitas Indonesia

Mintzberg, Henry. Dkk, (2003). The Strategy Process. Edisi Keempat. New Jersey, PT.Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moelong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Morgan, Nigel and Annette Pritchard. (2004). Destination Branding. Creating the Unique Destination Proposition. Oxford: Elsevier Butterworth-Heinemann

Novita Shopia, Firmansyah (2021). Strategi Destination Branding Waduk Jatiluhur Sebagai Wisata Air Unggulan Di Jawa Barat. Universitas Islam Bandung, Vol 04 No. 01. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Setyawati, K (2019). Destination Branding Desa Wisata Nglinggo Dalam Mengembangkan Destinasi Wisata (Studi Deskriptif Kualitatif di Desa Wisata Nglinggo, Kulon Progo, Yogyakarta). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.