KREDIBILITAS BUPATI INCUMBENT PADA PILKADA 2015 DI KABUPATEN PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/ars.v3i2.3Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kredibilitas Bupati Incumbent Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di Kabupaten Ponorogo. Pilkada serentak 2015 yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2015 di Kabupaten Ponorogo terdapat 4 pasangan Calon Bupati dan Calon wakil Bupati. Salah satu calon Bupati adalah Bupati Incumbent yaitu Bapak H. Amin, SH Kredibilitas beliau menarik untuk dikaji dan dianalisis karena beliau mengawali karir Politiknya sebagai Kepala Desa dan awal pendidikan formal adalah Sekolah Dasar. Untuk menjawab permasalahan-permasalahan tentang kredibilitas di atas maka diangkat fokus penelitian berikut : Kredibilitas dari persepsi komunikan (masyarakat) terhadap Bupati Incumbent dan kredibilitas yang berkenaan dengan sifat-sifat komunikator (Bupati Incumbent). Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik indept interview atau wawancara mendalam dengan beberapa informan dilakukan melalui teknik snowball (bola salju) dan observasi dengan mengamati saluran media yang digunakan dan menggunakan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data dan menghasilkan kesimpulan bahwa kredibilitas Bupati Incumbent dalam Pilkada 2015 di Kabupaten Ponorogo sangat bagus baik ditinjau dari persepsi komunikan, sifat-sifat komunikator dan media yang digunakan meskipun kemenangan calon masih tergantung bari berbagai aspek paling tidak ditinjau dari sisi kredibilitasnya bupati incumbent di Kabupaten Ponorogo diperhitungkan sebagai 3 calon kuat dan mampu bertarung dengan calon-calon yang lain. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah bahwa Penilaian terhadap Kredibilitas calon pemimpin merupakan hal yang sangat penting apalagi bagi pemimpin publik bahkan politik tetapi aspek-aspek yang lain juga sangat penting dimiliki oleh calon pemimpin agar menjadi pemimpin benar-benar sukses dan khusnul khotimah
References
Adnan Nursal, Political Marketing, Strategi Memenangkan Pemilu Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPR,DPD, Presiden, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.
Jalalludin Rahmat, Psikologi Komunikasi, Bandung, Remaja Karya CV, 1986.
Redi Panuju,M.Si., Komunikasi Organisasi, dari Konseptual-Teoritas ke Empirik, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta, 2001.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors Who Publish whit this journal agree to the following term :
Copyright on any article is retained by the Journal
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this;
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal;
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work;
- Every accepted manuscript should be accompanied by Copyright Transfer Agreement (CTA), prior to the article publication. CTA can be downloaded here;
=====================================================================================================
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik jurnal.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal ARISTO berhak sebagai mempublikasikan pertama kali dengan bekerja secara bersamaan dibawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk membagi pekerjaan dengan pengakuan dari pengarang dan publikasi pertama dalam jurnal ARISTO;
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertamakali pada Jurnal ARISTO;
- Penulis diperbolehkan dan didorong untuk mengirimkan pekerjaan mereka secara daring (misal melalui respositories atau website instansi penulis) sebelum atau selama proses pengiriman pada Jurnal ARISTO berlangsung, ini dapat menjadikan pertukaran informasi yang sangat produktif, dan serta menjadikan kutipan yang banyak dari publikasi;
- Setiap naskah yang diterima wajib menyertakan Perjanjian Pemindahan Hakcipta (Copyright Transfer Agreement/CTA), sebelum artikel diterbitkan. CTA dapat diunduh di sini
