Pemanfaatan Barang Bekas Plastik Sebagai Alat Peraga Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Siswa Pendidikan Dasar

Lilis Sumaryanti* -  , Indonesia
Aldo Redho Syam -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Ayu Wulansari -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/ajbe.v5i2.4182

Tujuan pengabdian pemanfaatan barang bekas plastik sebagai alat peraga edukatif (APE) dalam proses pembelajaran siswa pendidikan dasar ini adalah untuk (1) memberikan pelatihan pada guru tentang tata cara pembuatan APE untuk siswa, (2) membekali guru untuk mampu kreatif dalam membuat APE dari bahan dasar barang bekas, (3) memotivasi dan mendorong guru untuk mampu membuat APE dari barang bekas, sehingga menjadi karya baru dan bisa digunakan sebagai media pembelajaran yang ramah lingkungan. Sasaran dari pengabdian ini adalah guru Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah metode pelatihan, praktik, dan sosialisasi. Evaluasi kegiatan dalam bentuk tes dan wawancara kepada guru MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo dengan analisis datanya menggunakan kualitatif. Hasil pengabdian pemanfaatan barang bekas plastik sebagai alat peraga edukatif (APE) dalam proses pembelajaran siswa pendidikan dasar yang dilaksanakan bagi guru MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan guru MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo, yaitu (1) peningkatan pengetahuan dan wawasan guru ini berkaitan dengan pemahaman guru akan bagaimana prosedur, teknik, dan metode dalam proses pembuatan alat permainan edukatif (APE) menggunakan barang bekas; dan (2) peningkatan keterampilan guru MI PAS Baitul Qur’an tampak nyata pada kemampuan guru dalam membuat APE sesuai dengan prosedur dan petunjuk yang telah dipaparkan oleh pemateri.
Keywords
Scraps, Educative Teaching Aid, Learning Process, Primary Education
  1. Adiarti, Wulan. (2009). Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak. Lembaran Ilmu Kependidikan Jilid 38, No. 1.
  2. Aprilianto, A., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139-158.
  3. Arif, Muhammad. (2016). Alat Permainan Edukatif Outdoor Yang Digunakan Mengembangkan Motorik Kasar Di Tk Se- Kecamatan Wonosari Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 8 Tahun ke-5.
  4. Christianna, A. (2013). Pelatihan Perancangan Alat Permainan Edukatif (Ape) Berbasis Bahan Bekas Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Se-Siwalankerto Surabaya. SHARE “SHaring-Action-Reflection”, 1(1), 7-13.
  5. Czauderna, A., & Guardiola, E. (2019). The gameplay loop methodology as a tool for educational game design. Electronic Journal of e-Learning, 17(3), pp207-221.
  6. Hatta, M. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Berbasis Model. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 13(1), 1-15.
  7. Novianti, N., & Suparman, S. (2019). Educational game design to improve reasoning skills. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 9(2), 1-8.
  8. Nurkhasyanah, A., & Suyadi, S. (2020). The Enhancing Cooperation Capabilities in Utilizing Used Cartons as Educational Game Tools. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 9(2), 62-66.
  9. Prasetiyawati, Dwi. (2011). Upaya Identifikasi Kreativitas Kader-Kader Paud Di Kecamatan Ungaran Melalui Alat Permainan Edukatif (APE). Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1.
  10. Semiawan, C. R. (2008). Belajar Dan Pembelajaran Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
  11. Winata, W., Hasanah, H., Anjeasy, A., Fitriawaty, D., Hasanah, W., & Octavianti, D. (2019, December). Alat permainan edukatif dari barang bekas. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-10-14
Published: 2021-06-19
Section: Articles
Article Statistics: