PENGUATAN KARAKTER PENDEKAR MUDA MELALUI PENDIDIKAN WIRAUSAHA DAN PEMBENTUKAN CORPORATE BRANDING PAGAR NUSA

Nanto Purnomo* -  Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Sani Rusminah -  Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Husen . -  Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Valentiena Prastika Putrie -  Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Inesa Mahselia Laili Munna -  Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Khusnul Khotimah -  Universitas Islam Lamongan, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v8i2.9975

Kemajuan teknologi digital menawarkan peluang yang signifikan untuk memperkuat corporate branding. Media sosial, website, dan platform digital lainnya memungkinkan organisasi untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun komunitas online yang lebih solid. Namun, banyak organisasi, termasuk PSNU Pagar Nusa, belum sepenuhnya memanfaatkan potensi teknologi ini. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan wirausaha dan corporate branding dalam pengembangan karakter pendekar muda PSNU Pagar Nusa. Dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan mitra terkait pendidikan kewirausahaan dan corporate branding serta memberikan dampak positif bagi organisasi dalam memperkuat karakter dan identitas mereka di era modern ini. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut : Identifikasi Kebutuhan dan Persiapan Awal, Implementasi Program, Monitoring dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Terdapat peningkatan ilmu pengetahuan mitra tentang pendidikan kewirausahaan dan corporate branding, Terbentuknya tim IT Mitra sebagai bentuk keberlanjutan program pengabdian kepada masyarakat, terdapat pemanfaatan teknologi digital dalam upaya penmebtukan corporate branding PSNU Pagar Nusa yakni berupa website resmi organisasi dan instagram pagar nusa ranting maor.

Keywords
Corporate Branding, Pendidikan Kewirausahaan, , Pemanfaatan Teknologi
  1. A. Fayolle and B. Gailly, Theories of Entrepreneurship: An Introduction. Routledge, 2015.
  2. F. Harris and L. De Chernatony, Corporate Branding and Corporate Brand Management. Routledge, 2021.
  3. P. C. Verhoef, P. K. Kannan, and J. J. Inman, “From Multi-Channel Retailing to Omni-Channel Retailing: An Overview and Research Agenda,” Journal of Retailing, vol. 97, no. 2, pp. 131–149, 2021.
  4. H. G. Parsa, J. Self, and D. Njite, “The Role of Corporate Branding in Building Competitive Advantage,” J Bus Res, vol. 95, no. 2019, pp. 83–92, 2019.
  5. S. C. Yang, S. H. Lee, and Y. K. Kim, “The Impact of Entrepreneurship Education on Students’ Entrepreneurial Intentions: The Role of Creativity and Risk-Taking,” International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, vol. 26, no. 4, pp. 785–804, 2020.
  6. D. R. Gnyawali and D. S. Fogel, “Entrepreneurship and Innovation: A Focus on Educational Impact,” International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, vol. 27, no. 3, pp. 575–594, 2021.
  7. P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management (15th ed.). Pearson., 2016.
  8. A. M. Kaplan and M. Haenlein, “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media,” Bus Horiz, vol. 53, no. 1, pp. 59–68, 2010.
  9. D. M. Norris and T. A. Horan, “Technology-Driven Approaches in Community Engagement and Development,” Technol Soc, vol. 63, no. C, pp. 1–10, 2020.
  10. V. Kumar, S. Gupta, and R. H. Goudar, “Leveraging Digital Technologies for Community Development.,” Journal of Digital & Social Media Marketing, vol. 30, no. 4, pp. 215–230, 2022.
  11. A. Ali and M. Usman, “Effective Community Engagement through Technology: A Case Study.,” Journal of Community Development, vol. 45, no. 2, pp. 185–202, 2021.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-08-03
Published: 2024-09-11
Section: Articles
Article Statistics: