PENGUATAN STRATEGI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) AN NURIYAH RUMPIN, BOGOR

Agus Ali* -  Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor, Indonesia
Muhammad Dai Robi - 

DOI : 10.24269/adi.v8i2.9947

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini untuk penguatan strategi manajemen kurikulum dalam peningkatan kualitas pendidikan. Dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di madrasah dan melalui kolaborasi dari berbagai pihak, diharapkan bahwa setelah pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini, para guru di MTs An Nuriyah Diharapkan bahwa para pengelola dan staf pengajar di MTs An Nuriyah dapat dengan cepat memahami dan menerapkan strategi manajemen kurikulum yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan menciptakan daya saing kualitas lulusan madrasah tersebut baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini melalui beberapa langkah-langkah kegiatan: Identifikasi kualitas pendidikan, Penguatan kualitas, Pembentukan jaringan kerja, Pendampingan dan Monitoring. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa MTs An-Nuriyah Bogor melakukan beberapa strategi yang sudah diimplementasikan, diantaranya: a. Pengembangan kurikulum melibatkan proses perancangan cara pengajaran dan organisasi pembelajaran secara umum. b. Penyediaan buku-buku teks utama untuk siswa, c. Pengadaan peralatan pendidikan,. Pelatihan para dewan pengajar dan dosen (lecture). e. Penyediaan literatur berkualitas yang mempromosikan kesejahteraan mental dan fisik melalui sarana perpustakaan di lingkungan sekolah. Kesimpulannya adalah MTs An Nuriyah sudah melakukan berbagai strategi manajemen kurikulum dengan baik dalam meningkatkan mutu pendidikan karena dengan menerapkan strategi manajemen yang baik maka akan menghasilkan mutu pendidikan yang bermutu

Keywords
Strategi; Manajemen Kurikulum; Mutu Pendidikan
  1. C. Azhar, “Manajemen Pengembangan Pendidikan Islam Perspektif Al-Quran,” J. ilmu Pendidik., vol. 14, no. 1, pp. 1–18, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.tarjih.or.id/index.php/tarjih/article/view/14.101/109
  2. I. Nasbi, “Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis,” Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 318–330, 2017, doi: 10.24252/idaarah.v1i2.4274.
  3. A. Rohman, Dasar dasar manejemen. Malang: Inteligensia Media, 2017.
  4. N. Huda, “Manajemen Pengembangan Kurikulum,” Al-Tanzim J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 52–75, 2017, doi: 10.33650/al-tanzim.v1i2.113.
  5. B. Hermanto, “Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” Foundasia, vol. 11, no. 2, pp. 52–59, 2020, doi: 10.21831/foundasia.v11i2.26933.
  6. N. H. Murtafiah, Kompetensi dan Komitmen Profesi Pendidikan di Indonesia. Pasuruan: Qiara Media.
  7. A. Rahmat, Kepemimpinan Pendidikan. Sleman: Zahir Publishing, 2021.
  8. L. P. Sinambela, “Profesionalisme Dosen Dan Kualitas Pendidikan Tinggi,” Popul. J. Sos. dan Hum., vol. 2, no. 2, pp. 579–596, 2017, doi: 10.47313/pjsh.v2i2.347.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2024-07-31
Published: 2024-09-06
Section: Articles
Article Statistics: