IMPLEMENTASI PROGRAM KULIAH KERJA NYATA MELALUI SOSIALISASI INTERNET SEHAT BAGI REMAJA MASJID AQROB NGANJAR,WOJO KABUPATEN BANTUL

Muhammad Sholeh* -  , Indonesia
Untung Joko Basuki -  Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v2i2.793

Fenomena penggunaan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Dampak makin banyaknya penggunaan internet adalah semakin familiar nya penggunaan media sosial dalam proses berinteraksi dengan teman atau komunitas. Dampak penggunaan media sosialnya ini adalah semakin mudah nya informasi mengalir ke masyarakat. Persoalannya adalah apakah informasi yang diperoleh tersebut sudah benar atau sekedar isu atau berita bohong. Kesadaran dalam mengolah informasi harus selalu disosialisasikan pada masyarakat khususnya di kalangan anak muda (remaja).  Salah satu upaya adalah dengan menumbuhkan budaya penggunaan internet sehat dan literasi digital. Literasi digital mempunyai banyak manfaat misalnya mampu menemukan informasi yang bernilai untuk membuat keputusan yang lebih baik, kemampuan menjaga privasi dalam dunia online, memahami kejahatan dalam dunia online  seperti pencurian online, informasi palsu dan jenis kejahatan lainnya  Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata tim IST AKPRIND di desa Wojo, salah satu aktivitasnya d adalah memberikan pelatihan mengenai internet sehat. Sebelum pelaksanaan dilakukan kuesioner untuk melihat sejauh mana remaja di desa Wojo menggunakan internet. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa mayoritas remaja sudah familiar dengan media internet, mayoritas menggunakan media sosial dan postingan lebih banyak mengenai persoalan remaja.

Keywords
internet, media sosial, kejahatan, literasi digital
  1. A’yuni, and Qory Qurratun. 2015. LITERASI DIGITAL REMAJA DI KOTA SURABAYA. Surabaya: Departemen Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga Surabaya.
  2. Acep Syaripudin, Ahmad Aminudin, Arief Taufik, Dewi Widya Ningrum, Mukhlis Ifransah, and Yan Aryanto. 2010. Internet Sehat . Jakarta: www.internetsehat.com.
  3. Anonim. 2017. Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2016. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indoensia (APJII).
  4. Endah, Sukmawati Nur, Retno Kusumaningrum, and Beta Noranita. 2016. "Peningkatan Pengetahuan Internet Sehat dan Aman (INSAN) dalam Program Penyuluhan Berjenjang pada Ibu-Ibu PKK di Kecamatan Tembalang." Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK 2016). Semarang: Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Unnes . 141-145.
  5. Mashuri, and lham. 2012. "IMPLEMENTASI LITERASI INFORMASI DI SEKOLAH." Pustakaloka, 4 (1): 61-72.
  6. Pratiwi, Nani, and Nola Pritanova. 2017. "Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja." Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 8 (1): 11-24.
  7. Winarso, Doni, Syahril, Aryanto, Edo Arribe, and Risnal Diansyah. 2017. "PEMANFAATAN INTERNET SEHAT MENUJU KEHIDUPAN BERKEMAJUAN." JURNAL Untuk Mu negeRI 1 (1): 19-23.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2017-12-23
Published: 2019-02-24
Section: Articles
Article Statistics: