PKM DESAIN MEDIA KOGNITIF BERBASIS PUZZLE PAPER QUILLING BAGI GURU RA

Erna Zumrotun* -  , Indonesia
Muh Muhaimin -  UNISNU Jepara, Indonesia
Wulan Sutriani -  UNISNU Jepara, Indonesia
Dwiyana Asih Wiranti -  UNISNU Jepara, Indonesia
Syifa Fauziah -  UNISNU Jepara, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v7i2.5823

Pendidikan yang diberikan pada anak RA merupakan dasar bagi perkembangan anak pada tahap selanjutnya, oleh sebab itu perkembangan pada masa awal harus diberikan rangsangan secara optimal agar aspek perkembangan kognitif anak dapat tercapai secara maksimal. Guru belum mampu memproduksi media pembelajaran selain majalah dan terbatasnya kemampuan guru dalam membuat APE menjadikan kami berminat memberikan pelatihan dalam pembuatan media kognitif berbasis puzzle paper quilling. Salah satu kegiatan yang dapat mengasah otak anak yaitu dengan membuat karya melalui paper quilling. Paper quilling merupakan karya yang berasal dari kertas dan digulung yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap kreativitas dan suka berinovasi sejak dini sehingga berdampak pada aspek kognitifnya.  Selain mengasah kreativitas, kegiatan ini dapat digunakan untuk mengasah ketrampilan motorik halus maupun motorik kasar bagi anak-anak. Perkembangan motorik berkaitan dengan proses mengingat, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Perkembangan kognitif anak mengacu pada tahapan kemampuan anak dalam memperoleh makna pengetahuan, pengalaman yang dilalui dan informasi yang diperoleh. Masa kanak-kanak kemampuan mengingat suatu hal maupun pelajaran lebih mudah diingat. Tujuan adanya pengabdian paper quilling agar membantu guru dalam pembuatan media pembelajaran (APE) yang mampu mengasah kemampuan kognitif anak dengan pelatihan membuat media pembelajaran berbasis paperquilling. Metode pelaksanaan dilaksanakan dengan training education, experience, mentoring, monitoring dan evaluasi. Dalam pembuatan media paper quilling diperlukan kreatifitas dalam menentukan warna dan bentuk agar hasilnya dapat menarik minat belajar peserta didik. Guru membuat media kognitif paper quilling bertemakan hewan dengan sangat antusias. Guru terlihat dapat meningkatkan kemampuannya dalam membuat media paper quilling dengan hasil yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar di kelas

Kata kunci: Media, Alat Permainan Educative, Paper quilling
Keywords
media, alat permainan educative, paper quilling
  1. Aditya. Prihayuda Tatang. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis
  2. WEB pada Materi Lingkaran bagi Siswa Kelas VIII. JMSK. 15(1): 64- 74.
  3. Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. 2021. Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Media Realia Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 8, 82–91.
  5. Fadlillah, M. 2019. Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.
  6. Fitroh, Siti Fadjryana dan Siti Murdiyah. 2018. Efektifitas Media Puzzle Siput Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika pada AUD. Journal PGPAUD Trunojoyo. 2 (1):50-55.
  7. Goodway, Ozmun & G. (2019). Understanding Motor Development. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  8. Izzati, L., & Yulsyofriend. 2020. Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/486/431.
  9. Kemenkes, R. I. (2015). Profil kesehatan Indonesia tahun 2014. Jakarta: Kemenkes RI.
  10. Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356.
  11. Muhaimin, Muh. 2022. Workshop Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran (Quizizz) dalam Pembelajaran Blended Learning.
  12. Susanah, dkk. 2016. Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Matematika di SD N Pakis V Surabaya. Jurnal ABDI. 1(2): 156-161.
  13. Rahmawati, Septi, Oktaviani Ade Saputri, dan Zumrotul Affiyah. 2019. “Pemanfaatan Limbah Kertas Paper Quilling Sebagai Media Pembelajaran Biologi Melatih Daya Kreativitas Siswa.” 3: 213–16.
  14. Wahyuningtyas, Dedek et al. 2020. “Penerapan Kegiatan ‘Paper Quilling’ Untuk Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun.” 02: 9–16.
  15. Zumrotun, Erna. 2020. Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha. Volume 8, Number 3, Tahun 2020, pp. 499-507.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2022-09-05
Published: 2023-12-08
Section: Articles
Article Statistics: