Pengembangan ATS AMF RT untuk Kontrol Penerangan Jalan Umum di Desa Janti Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Didik Riyanto -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Jawwad Sulton Habiby* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Mohammad Muhsin -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v5i2.4126

Program pengabdian kepada mayarakat ini mengangkat tema tentang system otomatis pada Lampu penerangan jalan umum di desa Janti kecamatan slahung kabupaten Ponorogo. Penerangan jalan umum sangat penting bagi masyarakat Janti, hal ini dikarenakan tingkat keamanan masyarakat dipengarui oleh penerangan pada jalan-jalan yang ada di lingkungan masyarakat Janti, selain sebagai penunjang keamanan juga sebagai pendukung aktifitas sosial dimalam hari. Penerangan jalan umum di desa Janti saat ini dikelola oleh masyarakat tingkat RT dengan menggunakan system manual yaitu operasional dengan operator tenaga manusia  yang kadang saat tenaga manusia tidak berada ditempat/rumah penerangan lampu jalan tidak bisa beroperasi, sehingga mengakibatkan kurang efektifnya system penerangan di desa Janti. dari permasalahan tersebut  maka perlu sebuah upaya untuk memberi solusi agar sistem penerangan lampu jalan RT bekerja dengan efektif. Program pengabdian kepada masyarakta ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat  dalam mengelola sistem penerangan lampu jalan desa Janti. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari pengumpulan data dilapangan tekait kebutuhan bahan dan sistem kerja terhadap teknologi yang diterapkan, perencanaan dan perancangan teknologi,penerapan teknologi, pelatihan penggunaan dan perawatan teknologi, pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan berupa penerapan teknologi ATS AMS yang diterapkan pada salah satu lingkungan RT di desa Janti yaitu sebuah sistem otomatis yang mampu mengontrol kelistrikan pada penerangan lampu jalan. Hasil dari program yang dilaksanakan mampu  mengontrol sistem penerangan lampu jalan secara otomatis sehingga tidak memerlukan tenaga manusia dalam opersionalnya penerapan teknologi mampu mengurangi biaya operasional penerangan lampu jalan di desa Janti sebesar 30% setiap bulanya.
Keywords
Otomatis, penerangan, jalan umum
  1. Sudiharto,Indhana dkk. 2011. Rancang Bangun Sistem Automatic Transfer Switch (ATS) dan Automatic Main Failure (AMF) PLN - Genset Berbasis Plc Dilengkapi Dengan Monitoring Jurnal Jurusan Teknik Elektro Industri PENS-ITS, Surabaya.
  2. Santosa, Enggar T dkk. 2011. Rancangan Dasar Sistem Automatic Main Failure dan Automatic Transfer Switch untuk Ruang Pertemuan Gedung 71, PRPNBATAN. Tangerang Selatan: BATAN.
  3. Maryanto and M. I. Sikki, “Sistem Automatic Transfer Switch ( Ats ) Automatic Main Failure ( Amf) Menggunakan Sms,” vol. 6, no. 1, pp. 19–32.
  4. N. W. Rasmini, “Panel Automatic Transfer Switch (ATS)–Automatic Main Failure (AMF) DI Perumahan Direksi BTDC,” Log. J. Ranc. Bangun dan Teknol., vol. 13, no. 1, p. 16, 2017..

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-09-23
Published: 2021-12-10
Section: Articles
Article Statistics: