TABUNGAN SI IKAN SYARIAH SOLUSI PENDAPATAN BAGI KELUARGA NELAYAN

Rizka Aulia* -  , Indonesia
Ahmad Fauzan Mubarok -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
Nurul Zakiyatul ‘Aini -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
Nandiroh Nandiroh -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
Khoirul Ummah -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
Amrina Rosyada -  Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v6i2.4077

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi Mahasiswa dan Dosen (PMKMD) ini bertujuan untuk memberikan wawasan serta memberikan pendidikan bagi keluarga nelayan dalam merencanakan keuangan yang lebih baik dan terencana serta sesuai dengan syariah Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan dengan menggunakan metode campuran yakni daring-luring. Dimulai dengan memberikan penjabaran pada mitra mengenai program tabungan yang akan dilakukan, tanya jawab, demonstrasi dan pembuatan tabungan oleh mitra dengan narasumber. Selanjutnya dilakukan monitoring secara daring pada mitra mengenai keberlangsungan program yang telah diajarkan.Hasil pengabdian menunjukkan bahwa program PMKMD berlangsung baik dan berjalan lancar. Antusiasisme keluarga nelayan untuk melaksanakan program pengabdian yang kami tawarkan terlihat selama proses sosialisasi. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh mitra, salah satunya dikarenakan hasil dari tangkapan ikan yang tidak menentu, sehingga sulit untuk melaksanakan program Tabungan Si Ikan Syariah. Kekecewaan para keluarga nelayan dapat teratasi dengan menggunakan sistem menabung satu minggu dilakukan sekali. Adapun kendala lain yang dialami oleh para keluarga nelayan ketika sesi pelatihan perhitungan dan bagi hasil yang diberikan untuk anggota serta pencatatan pada buku besar, namun hal ini dapat diatasi dengan metode pendampingan.

  
Keywords
Tabungan Ikan; Keluarga Nelayan
  1. B. S. Jepara, “Grafik Data Monografi Berdasarkan Mata Pencaharian,” 2019. https://jeparakab.bps.go.id. (diakses Febuari 18, 2021).
  2. Bank Jatim, “Tabungan SINYAL,” 2017. https://bankjatim.co.id/id/simpanan/tabungan/tabungan-sinyal (accessed Feb. 23, 2021).
  3. B. S. Jepara, “Grafik Data Demografi Berdasarkan Jenis Kelamin,” 2019. https://jeparakab.bps.go.id. (diakses Febuari 18, 2021).
  4. R. A. ZR, N. Hasanah, and A. Zakaria, “PERENCANAAN KEUANGAN SYARI’AH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA PADA ANGGOTA MAJELIS TA’LIM,” Sarwahita, 2017, doi: 10.21009/sarwahita.141.04.
  5. “Pentingnya Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut.” http://repository.ut.ac.id/4165/1/MMPI5104-M1.pdf. (diakses Febuari 24, 2021).

Full Text:
Article Info
Submitted: 2021-09-15
Published: 2022-11-08
Section: Articles
Article Statistics: