PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI LITERASI KEUANGAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI DI KAMPUNG TRUNAN, KOTA MAGELANG

Faqiatul Mariya Waharini* -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Arifah Afiyani -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Fina Raudlotun Nafisah -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Priyo Rahmanto -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Rosa Safitri -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
Hesa Amelia Pratiwi -  Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v6i2.3302

Literasi keuangan dan teknologi informasi dapat membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meningkatkan kinerja serta mempertahankan keberlangsungan usaha. Literasi keuangan membantu pemilik UMKM melakukan monitoring kinerja keuangan setiap periode, sedangkan teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk menjalankan fungsi pemasaran supaya dapat menjangkau konsumen yang lebih luas. Kampung Trunan adalah salah satu sentra penghasil tahu di Kota Magelang. Sayangnya, pemasaran yang dilakukan masih sebatas pada toko-toko yang ada di Magelang, baik kota maupun kabupaten. Selain itu pembukuan yang dilakukan juga belum maksimal sehingga belum ada laporan yang menggambarkan kondisi keuangan UMKM dengan tepat. Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) dilakukan di Kampung Trunan dalam beberapa tahapan kegiatan, yaitu sosialisai, pelatihan, dan pendampingan. Setelah kegiatan ini, para pemilik UMKM di Kampung Trunan lebih memahami tentang metode pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi melalui media sosial. Selain itu, para pemilik UMKM juga mampu memahami tentang pembuatan pembukuan sehingga dapat digunakan untuk memantau kinerja keuangan usaha mereka. 

Keywords
Literasi Keuangan; Kampung Trunan; Pemasaran Digital
  1. N. P. E. Wiratmini, "finansial.bisnis.com," 20 Agustus 2020. [Online]. Available: https://finansial.bisnis.com/read/20200820/90/1281293/waduh-masih-banyak-provinsi-dengan-literasi-dan-inklusi-keuangan-rendah. [Accessed 20 Desember 2020].
  2. B. D. Anggraeni, "Pengaruh Tingkat LIiterasi Keuangan Pemilik Usaha terhadap Pengelolaan Keuangan. Studi Kasus: UMKM Depok," Jurnal Vokasi Indonesia, vol. 4, no. 1, pp. 43-50, 2016.
  3. D. Aribawa, "Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah," Jurnal Siasat Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 1-13, 2016.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-12-20
Published: 2022-09-27
Section: Articles
Article Statistics: