PENINGKATAN KECAKAPAN HIDUP MELALUI PROGRAM PELATIHAN KREATIVITAS UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN EKONOMI

Iful Rahmawati Mega* -  Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia
Sri Sugiyarti -  Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Indonesia

DOI : 10.24269/adi.v5i1.3096

Masa pandemi menjadi permasalahan global termasuk di Indonesia. Pandemi ini berdampak bagi aspek ekonomi, pendidikan, pariwisata, kesehatan dan lainnya. Untuk lebih menguatkan masyarakat dan menyiapkan anak muda agar mampu menghadapi segala permasalahan, berani menyelesaikan masalah secara mandiri dan kreatif maka penting penguatan dan peningkatan kecakapan hidup. Berdasarkan hal ini, perlu dilakukan program pengabdian masyarakat dengan tema peningkatan kualitas kecakapan hidup melalui program pelatihan kreativitas untuk melatih kemandirian ekonomi anak panti asuhan. Program ini dilaksanakan di Panti Asuhan Aisyiah Kota Pangkalpinang yang diikuti oleh 22 remaja putri penghuni panti. Dilaksanakan selama dua kali pertemuan dengan pembekalan materi dan diakhiri dengan praktik serta evaluasi. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pengurus panti. Pada akhir kegiatan remaja putri ini telah mampu membuat bros yang layak untuk diperjual belikan. Selanjutnya dilakukan pembinaan dan pemberian bantuan berupa alat-alat untuk pembuatan bros. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan kegiatan pelatihan ini bisa dikatakan berhasil diukur dari produk bros yang dibuat telah layak diperjual belikan dan pelatihan ini mampu memberikan kecakapan hidup bagi remaja. Berdasarkan hasil evaluasi peserta mengaku puas dan akan mengikuti kembali jika dilakukan kegiatan pengabdian.

Keywords
Kecakapan Hidup, Kreativitas, Pandemi
  1. R. Rina, “Ini 7 Bukti COVID-19 Telah Bikin Ekonomi Dunia Hancur Lebur,” CNBC Indonesia, Jakarta, Apr. 25, 2020.
  2. G. Intan, “Menkeu: Dampak Covid-19, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2020 Bisa Minus 0,4 Persen,” www.voaindonesia.com, Jakarta, Apr. 02, 2020.
  3. A. Tabelak, “Pentingnya Pendidikan Kecakapan Hidup,” www.kompasiana.com, 2013.
  4. J. Purnomo, “Pendidikan Kecakapan Hidup (PHK) Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kecakapan Personal dan Kecakapan Sosial Serta Prestasi Belajar Siswa SMA,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 4, no. 1, p. 75, 2015, doi: 10.21070/pedagogia.v4i1.75.
  5. I. Mawardi, “Pendidikan Life Skills Berbasis Budaya Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran,” Nadwa, vol. 6, no. 2, p. 215, 2012, doi: 10.21580/nw.2012.6.2.589.
  6. M. syamsuri R. Juhji, “Implementasi Pendidikan Kecakapan Hidup ( LIFE SKILL ),” vol. 9, no. 2, pp. 169–180, 2016.
  7. G. Anggraini, DIKLAT GURU PENGEMBANG MATEMATIKA SMK JENJANG LANJUT: PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan PPPPTK Matematika, 2009.
  8. A.Halim dan Angria Milda, “Membangkitkan Kecakapan Hidup (Life Skills) Siswa melalui Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Topik Hukum Hooke,” SIMPOSIUM FISIKA NASIONAL 2014 (SFN XXVII). Denpasar- Bali, 2014.
  9. Supriyanto, Eko., dkk., Inovasi Pendidikan (Isu-Isu Baru Pembelajaran, Manajemen, dan Sistem Pendidikan di Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah Univesity Press, 2003.
  10. Slamet, P.H., Pendidikan Kecakapan Hidup; Konsep Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No.037. Jakarta: Balitbang Diknas, 2002.
  11. Mega, I.R., Oktarina. Pelatihan English Conversation untuk Anak-Anak Panti Aisyiah Amal Usaha Muhammadiyah Kota Pangkalpinang. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol.2 No.2 Mei, 2019.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-10-09
Published: 2021-06-08
Section: Articles
Article Statistics: