PPEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN MADRASAH DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH
DOI : 10.24269/adi.v7i1.2973
Abstrak
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melibatkan seluruh civitas sekolah di MTs. Muhammadiyah 1 Ponorogo dalam program gerakan literasi . Program ini dilaksanakan secara bertahap, tahap pertama yaitu pengidentifikasian kebutuhan sekolah dalam pelaksanaan gerakan literasi madrasah dan pada tahap ini diketahui bahwa perlunya pembenahan perpustakaan karena kondisi perpustakaan yang kurang memadai. Tahap kedua adalah melalui kegiatan sarasehan yang bertujuan meyatukan visi dan misi warga madrasah tentang gerakan literasi. Sedangkan tahap selanjutnya yaitu melakukan pembenahan perpustakaan secara administrasi dan fisik sebagai upaya memberdayakan fungsi perpustakaan sebagai pusat gerakan literasi madrasah.
Kata kunci : gerakan literasi sekolah, pemberdayaan perpustakaan
Abstract
The aim of this community service was to ask the school members of MTs. Muhammadiyah Ponorogo involving in literacy movement. This program was conducted in several phases. The first was to identify the school needs in conducting the literacy movement, and it was known that the school library was not sufficient to fulfill the needs. Through the discussion as the second phase it was decided to fix the library condition. The discussion was conducted to recharge the school members about the mission and vision on the literacy movement that had not yet been implemented sufficiently at this school. The last phase was conducted through a sequence of activities such as data input training, relocation of the library, and resetting the library interior and data management.
Key words: literacy movement, library empowering- Abidin, A Rahmania (2015). Pustakawan Sekolah Dan Literasi Informasi:Menjawab Tantangan Globalisasi. MEDIASI, Vol. 9, No. 2, Januari-Desember 2015, hlm. 101-120
- Azis, Abdul (2018). Rancangan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Perpustakaan Di MIM Gandatapa Banyumas JURNAL PUBLIS Vol 2 No.1 Tahun 2018 ISSN 2598-7852
- Fitriyani, Nurlina. 2017. Pentingnya Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar. Universitas Ahmad Dahlan FKIP PGSD Yogyakarta : eprints.uad.ac.id ›
- Kastro, Alexander (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan Vol. 4 No.1, April 2020 – Oktober 2020
- Kemendikbud. 2017. Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta
- Kurniawan, Shopyan Jepri dan Putri, Ragil Dian Purnama (2016). Peran Guru Dan Pustakawan Dalam Gerakan Literasi SekolahDitinjau Dari Tahap Pengembangan Di SD Muhammadiyah Sumbermulyo. PROCEDING Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial 2 Agustus 2016
- Purwanti, Dwi (2018). Optimization Of The Library For School Literacy Movement . 3rd National Seminar on Educational Innovation (SNIP 2018) SHEs: Conference Series 1 (2) (2018) 130-139
- Setiawan, Andika Aldi dan Sudigdo, Anang (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 27 April 2019 | ISBN 978-602-6258-11-3 Peran Pedidikan Dasar dalam Menyiapkan Generasi Unggul di Era Revolusi Industri 4.0
- Tunardi (2018). Memaknai Peran Perpustakaan dan Pustakawan dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Juranal Pustakawan Perpustakaan nasional Indonesia Vol. 25 No. 3 Tahun 2018