Peningkatan Produktivitas Sentra Pemotongan Ayam Melalui Teknologi Mesin Penghancur Bulu Ayam

Yoga Arob Wicaksono* -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Fadelan Fadelan -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Nanang Suffiadi Akhmad -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Sudarno Sudarno -  Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI : 10.24269/adi.v5i2.2892

Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah sentra pemotongan ayam pedaging di Desa Gontor Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo. Dalam proses produksinya mitra mengalami permasalahan yaitu limbah bulu ayam mencemari lingkungan di sekitar lokasi produksi. Karena masalah pencemaran limbah bulu ayam ini timbul permasalahan baru yaitu kondisi lngkungan yang tidak sehat terutama dari bau menyengat limbah. Dengan kegiatan pengabdian ini tim pengabdi mengusulkan proposal untuk mengatasi permasalahn mitra dengan cara melatih mitra menggunakan mesin penghancur bulu ayam. Bulu ayam yang sudah hancur nantinya akan digunakan sebagai pakan ternak ikan lele. Dengan demikian akan mengurangi dampak limbah bulu ayam yang dialami oleh mitra. Semakin nyaman lokasi produksi maka produktivitas mitra akan meningkat.

 

Keywords
bulu ayam, mesin penghancur, UKM
  1. U. Adiati, W. Puastuti, and I. Mathius, “Peluang Pemanfaatan Tepung Bulu Ayam Sebagai Bahan Pakan Ternak Ruminansia,” Wartazoa, vol. 14, pp. 39–44, 2004.
  2. T. Arifin, “Tazul Arifin : Pemanfaatan Limbah Bulu Ayam Potong Metode Pengukusan Untuk Bahan Ransum Ayam Potong, 2004. USU e-Repository © 2008,” 2008.
  3. E. P. SARI, “Pemanfaatan limbah bulu ayam sebagai pakan ternak ruminansia,” vol. 1, no. Suryaningrum 2011, pp. 136–138, 2015.
  4. S. Aminah, “Pemanfaatan Hasil Ikutan Bulu Ayam Broiler,” Pros. Temu Tek. Nas. tenaga Fungsional Pertan., 2005.

Full Text:
Article Info
Submitted: 2020-08-07
Published: 2021-12-31
Section: Articles
Article Statistics: